Modifikasi Mobil

Volvo PV544 Klasik Ini, Pakai Mesin V12

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 27 Nov 2017 12:39 WIB
modifikasi mobil
Volvo PV544 Klasik Ini, Pakai Mesin V12
Volvo PV544 yang sedang dalam proses modifikasi beraliran ekstrim. Carscoops

Metrotvnews.com: Melakukan modifikasi mobil dengan konsep harus berbeda dari yang lain, terkadang datang dan didasari dari ide-ide gila. Seperti yang dilakukan Victor Jonsson terhadap Volvo PV544 model produksi 1947-1966 miliknya. Ia mengganti mesin dan memanjangkan bagian sasis depannya.

Dalam mengaplikasikannya, Jonsson mengganti jantung asli PV544 40 PS 1.6 L inline-four engine dengan mesin diesel V12 38,8 liter yang diklaim menghasilkan tenaga 520 dya kuda dan torsi 1.696 lb ft. 

Karena bodi asli PV544 hanya cukup menampung mesin bawaan pabrik, Dia kemudian membuat chassis custom-made yang berukuran sekitar 30 kaki dan meminjam as roda serta suspensi dari truk kategori berat.

Modifikasi yang terbilang ekstrim ini ternyata tidaklah mudah dan menghadapi beberapa kesulitan dalam membangunnya. Dikatakan Jonsson, kesulitan tak hanya dalam pengerjaan mesin dan perubahan bodi semata.

Untuk menyesuaikan kemampuan mesin raksasa yang dibenamkan di bodi PV544, Ia juga menemukan kesulitan untuk mendapatkan transimisi yang sesuai, hingga pada akhirnya mengawinkan gearbox ZF otomatis yang awalnya terpasang di BMW 525d.

Dari foto yang diperlihatkan saat ini menunjukkan modifikasi mobil yang sepenuhnya belum selesai. Tapi ini adalah bagian yang menggoda untuk membuat penasaran semua orang. Bagaimana hasilnya nanti jika mobil ini selesai?


(UDA)