Siapkan Dana Minimal Rp15 Juta untuk Membangun Foodtruck

Ekawan Raharja    •    Minggu, 18 Dec 2016 13:41 WIB
modifikasi mobil
Siapkan Dana Minimal Rp15 Juta untuk Membangun <i>Foodtruck</i>
Membangun sebuah foodtruck harus menyiapkan uang Rp15-50 juta untuk biaya modifikasinya. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Alam Sutera: Saat ini sudah banyak yang menjajakan kuliner melalui mobil toko atau lebih dikenal dengan foodtruck. Jika anda juga tertarik membuat usaha kuliner dengan foodtruck, berapa dana yang harus disiapkan untuk membangun foodtruck?

"Berbicara modifikasi sekitar Rp15 juta sampai Rp50 juta, tidak termasuk mobil dan itu tergantung jenis jualannya," ujar pengusaha Foodtruck, Joko, Sabtu (17/12/2016) saat ditemui di Living World, Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Ketua Komunitas Foodtruck Jakarta (KKFJ) ini memberi contoh jika hanya menyediakan minuman maka tak memerlukan modifikasi yang terlalu ribet. Tapi ketika menjual makanan yang ada kompor, gas, dan berbagai perlengkapan lainnya, maka modifikasi harus lebih kompleks demi keamanan.

"Jual minuman hanya perlu flat table dan kayu. Kalau berbicara makanan yang ada penggorengan, maka perlu stenlis steel, kemudian karpetnya dari talang agar mudah dibersihkan, dan otomatis akan lebih mahal. Pelek pun juga harus diubah, jangan menggunakan pelek kaleng karena kurang kuat," bebernya.

Pria yang menjajakan menu makanan barat, Kustomfood, berujar bahwa dia memodifikasi foodtruck-nya sekitar Rp27 juta. Selain berbicara modifikasi, dia juga melengkapi foodtruck-nya dengan freezer untuk menyimpan makanannya.

Berbicara mobil untuk foodtruck, dia menjatuhkan pilihan kepada Grand Max pick-up dengan mesin 1.500 cc. Joko memilih Grand Max pick-up juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, dan membantu saat perjalanan jauh.

"Jangan gunakan mesin 1.000 cc karena tenaganya kurang, apalagi kita membawa banyak barang bawaan," jelasnya.

Namun satu hal yang perlu diingat, ketika membeli sebuah mobil baru untuk diubah menjadi foodtruck maka garansi pabrikan harus diperhatikan. "Daihatsu memberikan garansi untuk semua produk keluarannya. Garansi tetap berlaku namun untuk bagian-bagian yang tidak di modifikasi. Misalkan jika hanya karoserinya yang dimodifikasi, maka mesinnya tetap di garansi karena tidak mengalami perubahan," papar Domestic Marketing Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Rokky Irvayandi, dikesempatan yang sama.


(HIL)