Modifikasi Mobil

Hyundai Santa Fe Uji Nyali Seberangi Antartika

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 21 Apr 2017 10:29 WIB
modifikasi mobilhyundai
Hyundai Santa Fe Uji Nyali Seberangi Antartika
Modifikasi yang dilakukan fokus pada kaki-kaki mobil. Carscoops

Metrotvnews.com: Benua Antartika merupakan benua yang meliputi kutub selatan bumi. Hampir seluruhnya terleta dilingkar Antartika, dengan permukaan yang diselimuti salju. Tak ada penduduk tetap disana.

Sebuah tim petualang kerap menyambangi wilayah tersebut. Salah satunya adalah penjelajah bernama Gisli Johnsson yang merupakan cicit dari penjelajah wilayah kutub, Sir Ernest Shackleton. Dirinya meneruskan jejak buyutnya melintasi padang salju.

Uniknya Johnsson bersama timnya menjelajahi benua tersebut dengan sebuah mobil penumpang, yakni Hyundai Santa Fe. Menggunakan mobil penumpang pertama untuk menjelajahi Antartika, tim tentu melakukan sejumlah modifikasi khusus.

Modifikasi yang dilakukan fokusnya pada area kaki-kaki, ban diameter besar dan bertekanan rendah digunakan. Hal ini juga berimbas pada bagian sub-frame depan dan belakang, serta meng-upgrade suspensi dan gir yang terhubung pada roda.

Sedangkan pada mesin tetap dibiarkan standar, yang merupakan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc. Mesin ini mampu hasilkan tenaga 194,3 daya kuda pada 3.800 rpm, serta torsi mencapai 436,3 Nm diputaran 1.800 rpm hingga 2.500 rpm.

Sepanjang perjalanan berbahaya ini, tim melintasi daerah gletser serta gunung-gunung es. Santa Fe jadi mobil penumpang pertama yang melintasi gletser dengan bantuan tiga buah truk pendukung untuk berjaga-jaga.

"Dari petualangan sebelumnya, kami sudah memprediksi masalah. Kami punya tim bagus, dan ekspedisi ini termasuk dipersiapkan dengan baik. Salah satu berhentinya perjalanan cukup lama karena kita kehilangan baut saja," kata Jonsson.


(UDA)