Honda CB400SF 1996, Adopsi Gaya Cafe Racer

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Sep 2016 18:24 WIB
modifikasi motor
Honda CB400SF 1996, Adopsi Gaya <i>Cafe Racer</i>
Sosok naked bike berubah drastis dengan komponen serba custom. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada tahun 1990-an populasi motor besar relatif jarang. Saat itu nyaris tak ada APM yang menjual motor besar secara resmi. Otomatis hanya importir umum yang menjualnya dan membuat para pemilik motor dengan harga mahal itu lebih berpikir untuk mendandani motornya.

Salah satu moge yang banyak disukai kala itu adalah Hoda CB400SF. Meski hanya 400 cc, mesin 4 silinder segarisnya mampu menghasilkan tenaga yang cukup dengan suara khas mesin 4 silinder yang mampu melengking tinggi.

Kalau untuk saat ini, motor tersebut sudah terlalu tua meski beberapa ada yang memeliharanya dalam kondisi apik. Nah, salah satu motor tersebut adalah milik Adit ini, tapi sudah tak standar karena sudah dimodifikasi bergaya cafe racer.

Soal pengerjaan, pria satu ini menyerahkannya kepada Ari Febrianto dari bengkel Protechnics. Bengkel yang berada di Rempoa, Tangerang Selatan ini memang jadi rujukan untuk menggarap motor custom. Dan motor ini selesai dalam tempo dua bulan.

"Konsep ini yang minta pemilik sendiri, tapi saya dibebaskan berkreasi. Warna serba hitam saya pilih untuk menguatkan kesan garang motor," ungkap pria yang mulai buka bengkel sejak 2002 ini.

Motor pun mulai dilucuti, bodi standar disingkirkan. 'Baju' baru motor itu pun diracik dengan ahan pelat. "Bodi saya buat sendiri sesuai konsep motornya, kata Ari singkat.

Yang menarik, lampu depan kini berbentuk seperti tameng kotak yang disesaki sepasang lampu untuk penerangan. Tak ketinggalan lampu sein bulat berukuran mini ikut dipasang. 

Buritan pun dibuat model buntut tawon dengan hanya menyisakan jok untuk pengemudi saja. O iya, rangka belakang sdikit dipotong. Setelah jadi, bodi pun dilapis warna serba hitam. Ya hitam doff dipilih dengan paduan gold leaf.

Lanjut menggarap kaki-kaki. Suspensi depan berganti pakai upside down milik Suzuki GSX, pelek dari saudara sendiri Honda CB400 Superfour. Mesin tak banyak diubah, hanya karburator model open dan knalpot ganda yang menambah kegaharannya.

Data Modifikasi
Sok depan: Suzuki GSX
Pelek: Honda CB400 Superfour
Knalpot: Custom
Bodi: Custom
Cat: Protechnics
Protechnics: 081280481779


(UDA)