Mobil Listrik

Ini 'Porsche 911' Pertama Bermesin Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 23 Dec 2016 22:52 WIB
mobil listrikporsche
Ini 'Porsche 911' Pertama Bermesin Listrik
Porsche 911 Targa 1973 bermesin Tesla Model S (roadntrack.com/deposwapengine/zelectricmotors)

Metrotvnews.com: Bagi pelaku restorasi mobil -terutama klasik dan varian langka- berhasil mempertahankan detail tampilan fully original dan berfungsi normal adalah kebanggan. Tapi tidak semuanya onderdil terus diproduksi dan bila ada yang ori, harganya sangat 'gelap'.

Demikian pula pengalaman pemilik Porsche 911 Targa lansiran 1973. Tampilan sexy sportcar tersebut layak dipertahankan. Ketika atapnya dilepas, sudah pasti mengundang decakan dan lirikan kagum dari pengendara lain.

Tapi tidak dengan mesin 2.4 liter enam silindernya. Di usianya yang menginjak 43 tahun, semakin rentan over heat di kemacetan lalu lintas dan 'cepat kehausan'. Semakin sering mampir ke SPBU, jelas semakin runyam isi rekening.

Ingin tetap tampil bergaya tapi hemat biaya, dia pun menyerahkan mobil dua pintu warna silver itu kepada Zelectric Motor. Bengkel kendaraan listrik itu tahu apa yang harus dilakukan, maklum sebelumnya banyak VW Kodok tenaga listrik dilahirkannya.



Seperangkat baterai 54 kWh dicopot dari bangkai Tesla Model S bekas kecelakaan lalu lintas lalu disematkan ke ruang mesin Porsche 911 Targa '73. Motor listrik AC-34 menyalurkan 130 tenaga kuda ke roda depan dan belakang.

Sementara inlet bahan bakar yang berada di depan tidak berubah fungsi, cuma menjadi tempat mencolokan kabel charger. Dikutip dari Road and Track, bahwa sekali batereinya diisi penuh sportcar klasik listrik ini mampu melaju sejauh 240 kilometer dalam kecepatan konstan.



Interior tidak mengalami perubahan. Hanya penyegaran kulit pelapis jok, trim pintu dan dashboard. Tentu saja memodifikasi indikator volume bahan bakar jadi kapasitas baterei dan tegangan listrik.

Misi pun tercapai, bergaya dengan mobil tua yang ramah dompet. Tapi ada yang hilang dari semua modifikasi cerdas ini, hilangnya raungan mesin enam silinder yang khas Porsche.

 


(LHE)