Modifikasi Motor

Tiger Tramontana, Senjata Hadapi Reli Panafrica

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 10 Oct 2017 11:53 WIB
modifikasi motor
Tiger Tramontana, Senjata Hadapi Reli Panafrica
Motor versi modifikasi bersama versi standarnya. MCN

Metrotvnews.com: Triumph bukanlah salah satu peserta Dakar Rally, namun mereka punya banyak produk motor berjenis adventure/touring dari keluarga Tiger. Dengan basis tersebut, tentu motor ini bisa dijadikan motor untuk ikut balap reli.

Kali ini dilakukan dua bersaudara, David dan Felipe Lopez yang menggunakan basis Triumph Tiger 800XC, untuk ikut reli Panafrica. Ajang reli ini sudah berlangsung akhir September lalu di Maroko, dengan sebagian besar medan berupa padang pasir.

Keduanya pun melakukan modifikasi agar motor ini kompetitif dan mampu menaklukkan ajang reli tersebut. "Ini motor balap dan digunakan di area ekstrim, jadi fokus utama adalah fungsi dan performanya," kata David.

Saat menggarap motor ini, tantangan terbesar ada dibagian depan. Lampu utama dan fairing motor harus dirombak total, dengan bodi depan dan lampu ala motor reli di Dakar Rally. Lampunya pun digunakan yang lebih terang.

Fairing anyar dengan screen ini pun jadi tempat berlindung bagi piranti pendukung, seperti GPS, roadbook dan ICO. Modifikasi lainnya termasuk pelindung mesin, panel bodi, jok dan sepakbor belakang.

Untuk meningkatkan kemampuan off-road motor ini, bagian belakang dibuat lebih rendah untuk meningkatkan titik berat motor disana, serta suspensi dengan jarak main lebih panjang. Sudah pasti ban tapak kasar membungkus pelek jari-jari.

Hasilnya motor ini mendapatkan hasil yang cukup baik diajang reli dengan jarak total 2.000 kilometer tersebut. Motor ini finis di urutan keenam dari keseluruhan stage.


(UDA)