Honda CRF Tracker Tampil Minimalis

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 29 Aug 2016 09:13 WIB
modifikasi motor
Honda CRF Tracker Tampil Minimalis
Tak ada lagi bekas CRF450 yang tersisa kecuali mesin, sasis dan lengan ayun. Designboom

Metrotvnews.com: Punya motor yang sudah cukup berumur biasanya akan mulai dijual atau dibiarkan digudang. Tapi untuk penggemar modifikasi, motor yang mulai menua justru bisa jadi bahan modifikasi yang tak kalah apik dengan motor keluaran tahun muda.

Coba saja lirik Honda CRF 450 lansiran 2006 ini. Aura motocross sudah menghilang. Marcus Motor Design menjadikan motor ini bahan untuk dicustom bergata tracker yang minimalis.

Builder bermarkas di Stockholm, Swedia ini menebus motor tersebut disebuah kota kecil Hasselstad, dalam kondisi standar. Konsep tracker minimalis yang diusungnya berarti punya bodi dan pengerjaannya sangat minim, tapi ubahannya terasa maksimal.

Lihat saja bodi motor yang nyaris tak ada karena hanya berupa main frame dan sub-frame saja. Lalu titik berat motor di bagian tengah, yang dipadukan sejumlah komponen berbahan serat karbon yang ringan. Terlihat seperti sebuah motor konsep.

Sebuah pengerjaan dilakukan sendiri oleh Marcus, mulai dari tangki bahan bakar, jok minimalis, pelindung bawah mesin, termasuk pengelasan dan pemasangan knalpo FMF yang di-custom ulang. Yang tersisa dari Honda hanyalah mesin, rangka dan lengan ayun saja.

Kalau tampilan sudah apik, maka mesin juga sedikit di-upgrade. Selain knalpot FMF dengan leher custom yang sudah disebutkan tadi, Marcus juga menggunakan selang radiator Samco, cover kopling Boyesen, water pump Boyesen, radiator alumunium.

Kalau ada yang mau modifikasi seperti ini, rasanya cukup pakai Yamaha V-Ixion saja. Secara desain sasis sudah mirip, tinggal memuat komponen lainnya dan cukup tebus motor racikan tahun lawas. 


(UDA)