Modifikasi Motor

Ducati 250 Scrambler, Transformasi Ekstrim Dari CHopper

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 19 Dec 2017 19:12 WIB
modifikasi motorducati
Ducati 250 Scrambler, Transformasi Ekstrim Dari CHopper
Ducati Scrambler 250 ini tampil simpel dan menarik. Piep Burn

Virginia: Sebuah bengkel kecil bernama MotoRelic di Hamilton, Virginia, Amerika Serikat sukses mengubah sebuah motor tua Ducati Scrambler 250 jebolan 1965. Bagian yang mereka lakukan tak mudah, karena transformasinya sangat besar.

Motor ini datang menuju bengkel yang dikomandoi Sean Skinner dalam wujud chopper. "Saya harus memotong seluruh rangkanya, dan hanya menyisakan lengan ayun dan sasis di sekitar mesin," katanya.

Sean mengubah motor ini menjadi bergaya scrambler. Tampilannya sangat simpel dan bersih. Dimensinya pun pas, menyesuaikan pula dengan ukuran mesin tua yang tak terlalu besar.

Suspensi depan mengambil milik TS250 yang diubah agar masuk dengan segitiga. Kemudian untuk suspensi belakang, Sean perlu melakukan ubahan agar pantas mengusung peredam kejut tunggal.

"Saya berpikir lengan ayun aslinya terlalu pendek untuk pakai monosok, jadi saya memanjangkannya dan disesuaikan untuk suspensi Icon yang saya gunakan," jelasnya.

Tangki dan jok jadi kunci modifikasi lainnya. Dua komponen ini yang terlihat palling dominan. Tangki milik T350 digunakan dan disesuaikan dudukannya. Tangki terlihat menyatu dengan jok karya Counter Balance Cycles.

Keunikan lainnya adalah penggunaan lampu depan. Model kekinian yang sudah LED berdimensi kecil dipasang. Lampu ini menyatu dengan tameng custom, yang bagian bawahnya diberikan sedikit paruh.

Soal mesin, Sean mengatakan kondisinya tak cukup bagus, ada beberapa kebocoran oli. Sean akhirnya membongkar mesin dan melakukan perbaikan pada piston yang sudah baret, dan komponen yang berkarat.

Sentuhan akhir, pria berpengalaman 20 tahun soal kustom motor ini melaburi motor dengan warna hitam yang dominan. Penambahan aksen warna orange pada bagian tangki dan lampu menjadi daya tarik tersendiri.


(UDA)