MegaRaptor F-250, Monster untuk Balap Offroad

Ekawan Raharja    •    Minggu, 21 May 2017 08:29 WIB
fordoffroad
MegaRaptor F-250, Monster untuk Balap <i>Offroad</i>
Tenaga d-cab Ford MegaRaptor F-250 sudah sangat besar sehingga tidak diberi winch yang merupakan perangkat wajib untuk recovery. (GearPatrol/F250R)

Metrotvnews.com: Ford membekali d-cab Raptor dengan fitur dan tenaga yang sudah sangat berlebih untuk melaju di jalur offroad. Namun bila masih juga kepater di tengah hutan, ada MegaRaptor yang moga-moga mampu menaklukkan tantangan medan di depan mata.

MegaRaptor adalah kreasi terbaru rumah modifikasi F250R di Tucson, Arizona, Amerika Serikat. Sebagai basisnya mereka menggunakan varian F-250 Super Duty yang mesin diesel V8 PowerStroke berkapasitas 6,7 liter. Setelah dioprek habis-habisan dan diberikan sistem pengapian serta paket saluran pembuangan baru, tenaganya bertambah 140 daya kuda dari 440 daya kuda.

Langkah berikutnya mengganti gardan depan dan belakang dengan versi militer yang lebih lebar dan kuat. Di empat ujungnya disematkan ban ramping Michelin XZL 46 inch. Ban yang 10 inch lebih besar dari bawaan itu menuntut body lift hingga 4,5 inch sehingga suspensi bawaannya terpaksa diganti Bilstein 5100 yang punya travel lebih panjang dan tangguh.



Penggunaan gardan lebar dan ban besar menuntut fender baru. Fender baru yang berbahan fiberglass di depan dan belakang tersebut sekaligus menjadi dudukan untuk set headlamp dan taillight sebab bagian buritan otomatis menjadi lebih gambot.
 


Layaknya modifikasi mobil offroad, bagian interior Ford F-250 Super Duty tidak F250R ubah. Demikian juga dengan transmisi automatic 10 percepatannya yang canggih. Ini semua karena semua fitur pengontrolnya yang serba elektronik terlalu merepotkan bila dicopot.

Versi terendah generasi terbaru Ford Raptor F-150 2017 dalam kondisi standart bertenaga 385 daya kuda. Tenaga sebesar itu dihasilkan mesin EcoBoost V6 yang dihubungkan dengan transmisi automatic 10 percepatan compoterized. Ban bawaan dari BF Goodrich A/T pun sudah sesuai kebutuhan offroad dan masih stabil di jalan raya beraspal mulus, yaitu 35 inch.



 


(LHE)