Custom Bike Contest

Cafe Racer ala Krom Works, Menangi Kustomfest 2018

Ahmad Garuda    •    Senin, 08 Oct 2018 13:34 WIB
custom bikekustomfest
Cafe Racer ala Krom Works, Menangi Kustomfest 2018
Motor neo-cafe racer garapan bengkel Krom Works, berubah jadi motor yang memiliki cita rasa kuat dan karakter unik. Kustomfest

Yogyakarta: Kompetisi custom bike yang semakin ketat di ajang Indonesia Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2018 yang berlangsung di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu (6-7/10/2018), akhirnya menentukan motor rakitan bengkel kustom Krom Works yang jadi juara umumnya.

Adalah Andhika Pratama sebagai builder benar-benar melahirkan konsep ide sebuah motor bergenre cafe racer, yang berbeda dari cafe racer biasanya. Ia bahkan membuat penggarapannya jadi sangat dramatik, sehingga dinilai sebagian besar tim juri dan penyelenggara event ini sangat layak untuk menang.

"Saya memang sudah memikirkan untuk membuat konsep motor yang berbeda meski beraliran cafe racer. Artinya pakem yang selama ini digunakan motor di genre tersebut saya ganti dengan yang lain. Sehingga tampilan akhirnya jadi berbeda," ujar Andhika melalui keterangan resminya.

Salah satu konsep yang membuat motor kustom garapannya itu sangat berbeda adalah penggunaan material alumunium di sekujur bodi, rangka, tangki hingga aksesorisnya. Kemudian konsep garpu depan yang mengambil konsep sistem suspensi ala motor cruiser klasik yaitu girder dan suspensi model tarik dengan posisi berada di atas frame.

Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi menegaskan dalam pernyataan singkatnya, tentang konsep yang diusung oleh Krom Works. Bahwa detail, konsep serta proses pengerjaan mereka usung di motor tersebut terlihat sangat berbeda. Konsep matang, disesuaikan dengan visi dan keinginan, membuat hasil finalnya jadi sempurna.

"Semua bagian motor saya kerjakan dengan kustom. Hanya bagian mesin saja yang dibiarkan begitu saja alias polos tanpa melakukan ubahan sisi teknikal. Jadi karakter mesin tidak akan berubah. Lalu kenapa saya memilih mesin Harley-Davidson S&S Evolution 1.800 cc, karena saya rasa mesin ini lebih cocok konsepnya dipasang di motor mana pun."

Motor kepunyaan Donny Gouw yang merupakan pemilik dari Cleveland Cyclewerks tersebut, kini bakal menjadi bintang di salah satu ajang custom bike contest di Jerman. Meski tidak berharap meraih kemenangan di sana, setidaknya ini akan jadi konsep motor yang bisa mewakili Indonesia dari sisi keunikan konsep.

Spesifikasi:

Mesin: Harley-Davidson S&S Evolution 2015
Kapasitas: 1.800 cc
Transmisi: Stock H-D S&S Evolution 2015
Ban: Shinco 21-3.00
Suspensi depan: Girder custom
Suspensi belakang: Stainless steel custom
Material rangka: Stainless steel
Knalpot: Custom handmade
Bodi: Full custom
Jok: Custom
Lampu: Custom (depan dan belakang)


(UDA)