Kontes Modifikasi

Tren Digital, Inspirasi Yamaha Bikin Kontes Modif Online

Ahmad Garuda    •    Selasa, 14 Nov 2017 18:40 WIB
kontes modifikasi
Tren Digital, Inspirasi Yamaha Bikin Kontes Modif Online
Yamaha bikin kompetisi modifikasi online terbesar khusus untuk tipe maxi. MTVN/A Harry Budiawan

Jakarta: Tren digitalisasi dirasakan cukup berdampak terhadap industri otomotif. Yamaha salah satunya yang cukup intens memanfaatkan pakem tren baru ini. Usai menggelar inden online, kini mereka mereka siap menggelar kontes modifikasi online.

Hal ini terinspirasi dari merebaknya tren berkendara dan lifestyle ala Maxi Yamaha (Tmax, Xmax, Nmax dan Aerox 155). Tren ini bisa terlihat dari populasinya yang mencapai lebih dari 600 ribu unit sejak 2015.

Fenomena itu turut merangsang menjamurnya modifikasi yang merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai penggila motor. Untuk menampung hobi dan kesukaan mereka, Yamaha mengapresiasinya dengan mengggelar Customaxi Yamaha.

Ajang modifikasi motor-motor Maxi Yamaha ini bisa dibilang sebagai kontes modifikasi terbesar dan pertama dilakukan secara online di Indonesia. Unik karena tidak seperti biasanya dibuat dengan motor-motor peserta berjejer di tempat modifikasi yang terlihat langsung oleh pengunjung. Tapi cukup dilihat di di sebuah wadah www.customaxiyamaha.com.

Kategori Customaxi dibagi 4, yaitu Xmax, Nmax dan Aerox 155. Selain itu juga ada kontes Maxi Lady sebagai ajang pamer Maxi Outfit bagi para perempuan pengguna Maxi Yamaha.

Akan ada tiga tahap yang diikuti oleh para peserta. Namun baru di tahap kedua peserta bisa show off motor mereka secara langsung di delapan kota penyelenggaraan. Nantinya penilaian bakal dilakukan secara langsung.

Berikut regulasi umumnya:
1.       Motor tipe Maxi Yamaha (terbuka bagi tipe Xmax, Nmax dan Aerox 155) dari semua tahun pembuatan yang sudah dimodifikasi
2.       Format kompetisi adalah mengandung unsur (MEFRIK) Modern, Estetika, Fungsional, Rasional, Inovasi, dan Kreasi
3.       Modifikasi dengan menambahkan aksesoris stok variasi/bolt-on atau handmade, peserta tidak boleh melakukan perombakan bodi/sasis
4.       Perubahan aksesoris yang diperbolehkan: windshield, body kit, kaki – kaki ( suspensi, swing arm), perangkat pengereman, ban dan pelek, stiker atau decals, painting (cat & airbrush), lampu – lampu (HID, LED, Angel Eyes), Box (Side Box, Top Box), knalpot, spakbor, jok, speedometer, krom atau penambahan aksesoris handmade yang berfungsi dengan baik dan benar
5.       Diperbolehkan melakukan perubahan perangkat handle bar
6.       Wajib mempertahankan logo Yamaha dan logo merek motor
7.       Penilaian kompetisi mengutamakan penampilan luar bukan kecanggihan /modifikasi mesin
8.       Ide atau inovasi, tampilan luar, dan trik modifikasi (tingkat kesulitan) jadi faktor utama dalam penilaian
9.       Motor yang mengikuti kompetisi dilengkapi komponen wajib sesuai peraturan lalu lintas
10.     Peserta kompetisi Customaxi Yamaha, harus Warga Negara Indonesia dan berdomilisi di wilayah Indonesia pada saat mengikuti kegiatan ini. Dibuktikan dengan foto copy identitas pengenal diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas lainnya yang masih berlaku.
11.     Seluruh peserta kontes modifikasi harus memiliki SIM C
12.     Unit motor modifikasi haruslah milik peserta pribadi dibuktikan dengan kesamaan nama yang tertera di STNK & KTP/Kartu Keluarga


(UDA)