Modifikasi Motor

Superbike ini Berganti 'Agama' jadi Tracker

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 23 Sep 2017 09:10 WIB
modifikasi motor
Superbike ini Berganti 'Agama' jadi Tracker
Sasis deltabox justru jadi pembeda tracker buatan Gregg. Cycleworld

Metrotvnews.com: Superbike biasanya dimodifikasi bergaya motor balap dengan livery sporty. Tapi Gregg DesJardins dari Gregg's Custom mengubah superbike Yamaha YZF-R1 menjadi sebuah motor tracker.

Biasanya motor tracker tampil dengan penggunaan material yang umum, namun untuk versi modifikasi ini, Gregg menggunakan material eksotis. "Saya ingin motor ini menggunakan bahan yang terlihat lebih 'racing', jadi penggunaan alumunium dan titanium cukup banyak," katanya.

Tentunya dari motor donor hanya diambil mesin dan elektrikal saja. Sasis deltabox R1 dipertahankan, namun sasis belakang kustom dengan bahan alumunium. Bahan yang sama juga digunakan untuk segitiga, pelek dan setang.

Superbike aslinya memiliki banyak komponen berbahan plastik, hal inilah yang dihindari agar motor terlibah lebih bersih. Bahkan kotak filter udara dibuang dan dibuat terbuka hanya dengan pelindung berbahan alumunium.

Untuk mesinnya tak banyak sentuhan yang dilakukan, Gregg tetap percaya mesin 998 cc bertenaga 160 daya kuda terpasang. Hanya saja knalpot diganti model under belly yang membuat suaranya jauh lebih menggelegar.

Untuk kaki-kaki masih pakai suspensi bawaan motor, tapi peleknya kini melar. Diameter 19 inci terpasang dengan bahan alumunium forged yang ringan serta kaliper rem Brembo.

Menyoal tampilan, warna kuning cerah dengan striping hitam-hitam khas Yamaha jadi andalan. Motor ini pun terlihat berkelas, mewah, modern namun kuat unsur tracker yang justru mengarah agak klasik.


(UDA)