Balap Motor

Fairing Hammerhead, Kejutan Ducati di MotoGP Brno

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 07 Aug 2017 11:10 WIB
ducati
<i>Fairing Hammerhead</i>, Kejutan Ducati di MotoGP Brno
Fairing hammerhead dirasa Lorenzo cukup berhasil dan tinggal sesuaikan setingan motor. Asphalrandrubber

Metrotvnews.com: Pada awal balapan berlangsung di Brno, Ceko, Jorge Lorenzo bisa melesat jauh, namun rider Spanyol itu gagal podium karena telat masuk pit untuk mengganti motor. Tapi bukan itu yang akan dibahas, melainkan fairing radikal tunggangan Lorenzo.

Fairing yang disebut hammerhead ini muncul pertama di sesi pra musim di Qatar, namun baru digunakan balap pada seri MotoGP Ceko kemarin. Fairing ini sebagai solusi usai dilarangnya penggunaan winglet pada musim balap 2017 ini.

Debut pertama fairing ini mencatatkan hasil tak apik, sehingga Ducati menggunakan fairing yang nampak normal tanpa ada bentuk atau ornamen khusus. Namun fairing hammerhead justru dirasa cocok dengan Lorenzo.

"Siang hari kami mencoba fairing baru dan saya puas. Mereka melakukan pekerjaan yang bagus di Ducati Corse. Kami sedikit melambat pada topspeed, tapi dengan bekerja maksimal saya yakin fairing ini punya potensi," kata pembalap bernomor 99 itu.

Fairing hammerhead memiliki side pod di tiap sisinya, dengan dua area atas dan bawah. Ducati juga menggunakan fairing ini pada motor Danilo Petrucci, namun fairing mereka punya perbedaan.

Milik Lorenzo hanya punya satu kolom, dengan sebuah sirip di dalamnya. Sementara milik Petrucci hingga dua kolom, sehingga membuatnya lebih menjuntai ke bawah.

Fairing hammerhead tidak menyalahi aturan karena regulasi paket aerodinamika tak memperbolehkan komponen eksternal keluar bodi seperti winglet karena berbahaya. Namun apa yang ada dalam side pot dibebaskan, sehingga muncullah fairing hammerhead yang punya bentuk lebih lebar.


(UDA)