World Supersport 300

Setup Teknis dan Riding Style, Persiapan Ali di Lausitzring

Ahmad Garuda    •    Selasa, 15 Aug 2017 19:00 WIB
balap motor
<i>Setup</i> Teknis dan <i>Riding Style</i>, Persiapan Ali di Lausitzring
Ali Adrian siap hadapi World Supersport 300 di Jerman. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, BSD City: Persiapan menjelang paruh balap kedua di musim pertama Ali Adrian Rusmiputro di ajang World Supersport 300 Championship, tidak akan mudah. Pembalap nasional yang didukung penuh oleh Pertamina itu merasakan bahwa setup teknis motor hingga riding style-nya bakal sangat berpengaruh.

Apalagi di tipe sirkuit yang akan Ia sambangi akhir pekan nanti yaitu di Lausitzring, Jerman. Karakter beberaa tikungan yang sambung-menyambung membuat sisi teknis dan riding style harus klop. Jika tidak, maka ini akan jadi kelemahan yang bisa dimanfaatkan pembalap lawan.

"Tikungan yang yang menyambung seperti di Lausitz ini akan menuntut durabilitas performa fisik dan juga sisi teknis yang sempurna. Kemudian riding style juga harus klop dengan setup motor, jika tidak maka ini akan jadi kerugian tersendiri di tipe sirkuit seperti itu. Saya berharap agar riding style-ku bisa menyesuaikan dengan setup motor di sana," ujar Ali kepada Metrotvnews.com, di ICE, BSD City pada Selasa (15/8/2017).

Pembalap berusia 23 tahun itu, juga menegaskan bahwa selain faktor teknis dan riding style, hal lain yang berpengaruh adalah kondisi trek. Mengingat hujan yang biasanya tidak terprediksi saat balapan berlangsung. Namun jelas Ia dan timnya bakal berupaya sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik agar mampu meraih hasil kompetitif.

"Tahun lalu, di kelas World Superbike Championship (WSBK), hujan cukup deras dan membuat setup yang disiapkan tiap pembalap saat sesi tes berlangsung, itu berubah total. Jadi ini juga akan jadi penentu hasil yang akan saya raih nantinya."

Lantaran karakter tikungan yang sambung-menyambung, Ali, menambahkan bahwa Ia akan sangat tertantang untuk meraih hasil bagus. Performa motornya sekarang berada di peringkat ketiga secara keseluruhan. Artinya, Ia tinggal memaksimalkan performa yang ada untuk meraih hasil kompetitif.


(UDA)