Safety Riding

Teknik Pengereman Pakai Dua Atau Empat Jari?

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 26 Sep 2016 12:10 WIB
Teknik Pengereman Pakai Dua Atau Empat Jari?
Dua atau empat jari, yang penting nyaman dan efisien. Roadguardian

Metrotvnews.com, Bandung: Melakukan pengereman jadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan saat menggunakan sepeda motor. Teknik pengereman yang benar dan efisien dapat membantu mengurangi laju kuda besi dengan cepat.

Lantas ada yang kerap kali mengatakan, cara melakukan pengereman khususnya rem depan, dengan menggunakan dua jari atau empat jari. Masing-masing teknik ini punya alasan tersendiri, tapi mana yang lebih baik antara menggunakan dua jari atau empat jari?

"Yang penting nyaman dan efisien, kalau saya bisa mengerem dengan satu jari kenapa harus dengan dua jari? Kalau saya bisa dua jari saja kenapa harus dengan empat jari?" papar Instruktur Pusat Yamaha Riding Academy (YRA), Setyo Suyarko kepada Metrotvnews.com.

Setyo menambahkan, pengereman dengan menggunakan berapa jari tangan dipersilahkan sesuai nyamannya pengendara. Namun disarankan jari kelingking tidak ikut digunakan, karena ukurannya yang paling pendek dan tidak maksimal untuk membantu pengereman.

"Jangan lupa juga kebiasaan jari yang menempel dihandel rem, karena secara tidak sadar itu juga menekan handel. Akibatnya kampas rem cepat habis, tenaga motor berat, lampu rem menyala jadi tidak efisien," lanjutnya digelaran Jambore Nasional YRA di Bandung (25/9/2016).

Sebaiknya saat jalanan lengang, kosong atau lancar tangan sepenuhnya memegang setang. Dan saat jalanan padat dengan kecepatan dibawah 30 kilometer per jam, gunakan rem belakang saja. 
(UDA)