Balap Motor

Mental Balapan, Fokus Coaching Clinic YCR 2017

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 26 Nov 2017 08:30 WIB
yamaha
Mental Balapan, Fokus Coaching Clinic YCR 2017
Galang Hendra saat memberi coaching clinic untuk rider muda. Yamaha

Solo: Yamaha Cup Race (YCR) 2017 memasuki penghujung musim akhir pekan ini, 25-26 November 2017. Balapan penutup ini dihelat di Sirkuit Manahan Solo, Jawa Tengah.

Tak hanya balap, Yamaha juga mengadakan coaching clinic khusus rider muda dengan pembicara Rey Ratukore dan Galang Hendra. Kedua rider yang balap di Asia ini menekankan pentingnta  komunikasi dan mental balapan.

Rey mengatakan komunikasi dengan mekanik jadi hal yang penting. "Masukan tentang motor ikut menentukan saat balapan. Jadi kalian harus memberitahukan apa yang kalian rasakan supaya setingan bagus," katanya.

Rider berambut ikal ini juga menyampaikan karakter stop and go pada sirkuit non permanen. Dia membeberkan cara membalap yang tepat, termasuk memperagakan handling motor saat balap, di straight, brake, cornering.

Sedangkan Galang menekankan pada mental saat bertanding. "Kuncinya tampil tenang, pakai strategi ketika balapan. Yakin dan percaya bisa meraih hasil terbaik. Itulah kenapa saya bisa slip stream waktu menang WSS 300 di Jerez," ujarnya.

Rider Yogyakarta ini juga memberi semangat pada pembalap muda agar berprestasi maksimal di YCR. "Karena saya pun mengawali perjalanan balap dari YCR dan bisa jadi seperti sekarang," pungkasnya.


(UDA)