Industri Otomotif

Kapan Motor Listrik Yamaha Mulai Dijual?

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 01 Nov 2017 13:19 WIB
yamaha
Kapan Motor Listrik Yamaha Mulai Dijual?
E-Vino akan digunakan dan diuji dulu untuk tes pasar motor listrik. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai melakukan tes pasar untuk motor listrik mereka. Ada empat institusi yang digandeng untuk melakukan pengujian motor ini di lingkungan mereka.

Pemerintah Indonesia bahkan sudah merancang road map pada 2025 kendaraan listrik di Indonesia, penjualannya sudah menguasai 25 persen dari total penjualan seluruh kendaraan secara nasional. 

Lalu kapan motor listrik Yamaha akan mulai dijual bebas?

Dyonisius Bety, Executive Vice President & CEO YIMM enggan memberi kepastian karena menurutnya proses pengembangan motor listrik ini akan panjang. Pria ramah ini menyebutkan motor ini kelak harus sesuai dengan kondisi dan konsumen Indonesia.

Namun jika melihat program nasional, pemerintah sudah membuat road map tentang kendaraan listrik pada 2025. Pada tahun itu disebutkan 25 persen penjualan kendaraan adalah kendaraan listrik.

"Tahun 2025 itu tidak lama lagi, kita akan ikuti road map itu dan sangat optimis. Namun optimis saja tidak cukup, harus ada penyesuaian dan pembuktian kepada konsumen," sambung Dyonisius di Elite club, Kuningan, Jakarta.

Ia juga menambahkan, penyesuaian dimaksud adalah seperti kepraktisan hingga keamanan dari baterai motor listrik ini. "Misal kita tidak mau ada yang kesetrum karena motor ini dipakai lewati banjir, untuk mencapai kesana banyak PR yang harus dilakukan industri," pungkasnya.


(UDA)