Motor Listrik

Avionics V1, Motor Kayu Berteknologi Masa Depan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 28 Dec 2017 15:35 WIB
motor listrik
Avionics V1, Motor Kayu Berteknologi Masa Depan
Avionics V1 sudah dilengkapi dengan motor listrik sebagai penggeraknya. Avionics V1

Polandia: Pengembangan sepeda motor listrik kini sudah masif dilakukan oleh banyak pihak. Bahkan untuk perusahaan startup otomotif semacam Avionics juga melakukan riset sepeda motor listrik.

Dua orang pemuda asal Polandia, Jaromir dan Bartek, awalnya bertemu di Pantai Balti,k dan ternyata memiliki hobi yang sama yakni berpertualang dan otomotif. Untuk itu mereka akhirnya sepakat untuk membangun perusahaan Avionics dan meriset beberapa kendaraan.

Salah satu karya mereka yang sudah jadi adalah V1. Sebuah sepeda motor bergaya klasik namun sudah dibekali dengan motor listrik sebagai penggeraknya.

Sepeda motor yang di desainnya juga tidak asal-asalan. Mereka membangun sebuah sepeda motor dengan gaya klasik layaknya Indian atau Harley-Davidson di era 1900-an.

Desainnya terbilang sederhana karena rangkanya terbuat dari pipa dan beberapa bagian lainnya di buat dari kayu Jabota. Kemudian sebagai pemanis diberikan cover untuk motor listriknya, dan lampu berbentuk bulat yang sudah tentu di buat dari Kayu.

Kemudian sebagai tenaga penggeraknya, diberikan motor listrik bertenaga 5.000 W dengan torsi 125 nm. Motor ini lebih dari cukup untuk menggerakan sepeda motor, mengingat bobotnya yang sangat ringan dibandingkan sepeda motor listrik lainnya.

Avionics mengklaim sepeda motor ini bisa berlari hingga 58 kilometer per jam. Kemudian jarak yang ditempuh bisa mencapai 120 kilometer, berkat baterai lithium-ion 24 Ah.

V1 sudah bisa dipesan, hanya saja Avionics enggan memberkan harganya. Bagi yang berminat bisa memesannya melalui situs mereka.


(UDA)