Lalu Lintas

Belum Siap, Tes Psikologi Pemohon SIM Ditunda

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 25 Jun 2018 06:46 WIB
lalu lintas
Belum Siap, Tes Psikologi Pemohon SIM Ditunda
Pengajuan SIM pakai tes psikologi ditunda. Medcom/ Ahmad Garuda

Jakarta: Korlantas Polda Metro Jaya yang berencana memberlakukan tes psikologi untuk pengajuan Surat Izin Mengemudi (SIM) akhirnya ditunda. Keputusan ini diambil usai jalani masa uji coba sejak tanggal 21 hingga 23 Juni 2018 lalu.

Polda Metro Jaya pun menunda penerapan kebijakan tersebut, hingga batas yang belum ditentukan. Penundaan itu lantaran sistem untuk menerapkan kebijakan tersebut dianggap masih belum siap.

"Sesuai dengan petunjuk Bapak Kapolda bahwa pelaksanaannya ditunda untuk tes psikologinya, karena kami masih memperbaiki sistem," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono beberapa hari lalu.

Ia tidak menyebutkan sampai kapan penundaan tersebut. Pihaknya masih berkoordinasi dengan Satpas SIM untuk kesiapan tes psikologi tersebut. "Kami persiapkan semuanya dulu sampai matang. Supaya nanti hasilnya itu memuaskan dan maksimal," tandasnya.

Sedianya tes psikologi akan mulai berlaku pada hari ini, 25 Juni 2018. Tes ini rencananya akan berlaku untuk seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya, termasuk Tangerang kota dan Depok.

Tes psikologi akan dilakukan oleh pihak eksternal yang ahli dibidangnya, serta ditunjuk oleh Polri. Masyarakat akan dikenakan biaya tambahan kurang lebih sebesar Rp35 ribu untuk tes psikologi ini.


(UDA)