Industri Otomotif

Bajaj Berminat Ambil Alih Kepemilikan Ducati

Ekawan Raharja    •    Selasa, 25 Jul 2017 11:07 WIB
industri otomotifducati
Bajaj Berminat Ambil Alih Kepemilikan Ducati
Bajaj Auto siap mengambil alih merek dagang Ducati dari Volkswagen. Bajaj Auto

Metrotvnews.com: Sejumlah perusahaan otomotif dunia berminat untuk membeli merek Ducati yang ditawarkan oleh Volkswagen Group. Kini giliran Bajaj Auto yang juga berminat terhadap merek sepeda motor asal Italia tersebut.

Bahkan Managung Director Bajaj Auto, Rajiv Bajaj, mengumumkan sedang melakukan negosiasi untuk menjadikan sekutu. Meski dia tidak mengumumkan secara pasti siapa sekutu yang dimaksud, namun dia akan melakukan pengumuman sekitar satu atau dua minggu mendatang.

"Kami sangat dekat dengan finalisasi aliansi yang sangat menjanjikan. Ini bukan erarti aliansi bakal pasti terjadi, tapi jika iya maka akan terbuka kemungkinan besar untuk perusahaan," ungkap Ravij Bajaj seperti dikutip dari Indianautosblog.

Saat ini Bajaj juga memiliki saham sekitar 48 persen di KTM. Sedangkan jika aliansi ini tercapai, maka Ducati akan menjadi pelengkap strategi Bajaj Auto untuk menambah cakupan bisnis mereka.

"KTM mengisi ruang mengendarai dengan gaya sporty. Namun ada juga bagian lagi yang juga diminati, seperti dunianya Harley-Davidson, Triump, dan Royal Enfield. Segmen ini merupakan kepingan puzzle kami yang hilang," ucap Bajaj dikutip dari Rushlane.

Tentu langkah strategis Bajaj Auto untuk memiliki Ducati tidaklah mudah. Selain harganya yang pasti tinggi, mereka juga harus bersaing dengan beberapa merek otomotif lain yang mau mengambil alih juga seperti Harley-Davidson dan juga Royal Enfield.

Volkswagen memang belakangan ini ingin menjual merek Ducati karena membutuhkan dana segar dalam jumlah banyak. Skandal Dieselgate yang menimpa mereka membuat group otomotif asal Jerman tersebut mengalami kerugian besar, baik di bidang finansial maupun kepercayaan publik.


(UDA)