Industri Otomotif

Ducati Bakal Tumbal Dieselgate Volkswagen Group?

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 05 May 2017 18:44 WIB
ducati
Ducati Bakal Tumbal Dieselgate Volkswagen Group?
Ducati capai kesuksesan saat dipegang Volkswagen Group. Ducati

Metrotvnews.com: Rumor tentang Ducati akan segera dijual oleh Volkswagen Group, kian santer terdengar. Isu ini mencuat karena keuangan grup otomotif asal Jerman itu goyang, akibat skandal dieselgate yang merebak tahun lalu.

Kabar ini dihembuskan oleh Reuters, untuk saat ini pihak Volkswagen Group belum mengeluarkan penyataan resmi. Dan Public Relations Manager Ducati, Fransesco Rapisarda belum mengatakan info yang membenarkan hal tersebut.

Ducati sendiri diakuisisi oleh Volkswagen Group pada 2012 lalu atas permintaan Ferdinand Piech. Petinggi Volkswagen Group itu menyukai teknologi desmodromic dan pembelian Ducati jadi kado ulang tahun ke-75 untuknya.

Nilai akusisi yang lebih dari satu miliar dolar mampu melepas status kepemilikan Ducati. Brand ini saat itu punya gambaran yang bagus akan teknologi-teknologinya, meski secara keuangan tak begitu sehat.

Tak hanya membeli, investasi besar-besaran pun dilakukan dan hari ini Ducati jadi salah satu brand yang tumbuh kuat dengan penjualan mendekati 60 ribu unit motor pada 2016. Angka produksinya stabil dan mencapat keuntungan lebih dari 750 juta dolar.

Disebutkan Ducati akan dijual seharga USD1,6 miliar. Entah siapa yang akan jadi pemiliknya kelak, namun diperkirakan pembelinya akan berasal dari Cina, Singapura atau bahkan pabrikan motor India macam Hero Motor sekali pun.


(UDA)