Teknologi MotoGP

Suspensi Karbon, 'Senjata' Baru Ducati di MotoGP

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 04 Jul 2017 08:08 WIB
motogp
Suspensi Karbon, 'Senjata' Baru Ducati di MotoGP
Tabung sok karbon ini hasil kolaborasi dengan Ohlins. Asphalt and Rubber

Metrotvnews.com: Setelah winglet yang akhirnya musim ini dilarang di ajang balap MotoGP, kini Ducati punya 'senjata' baru di motor balap kedua pembalap utama mereka, Desmosedici GP17. 'Senjata' yang dimaksud adalah suspensi depan berbahan karbon.

memang piranti peredam kejut ini tak terlalu terlihat karena warnanya yang gelap dan tak mencolok. Tapi inilah hasil kolaborasi Ducati dengan Ohlins, pemasok suspensi mereka.

Tabung sok depan karbon ini digunakan oleh kedua pembalap mereka, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo sejak seri pembuka musim 2017 di Qatar. Lalu apa benefit dari penggunaan sok depan spesial ini?

Bobot? itu hal yang pasti. Lantaran menggunakan bahan karbon, jelas materialnya lebih ringan dari pada menggunakan alumunium sekalipun. Kemudian membuat sok depan lebih lentur. Karena selama ini Ducati punya masalah saat melibas tikungan.

Ya meningkatkan kelenturan sok depan lebih diperlukan Ducati agar feeling pembalap mereka terhadap motor lebih kuat. Dituliskan Asphalt and Rubber, ini dianggap solusi cerdas karena semakin miring motor, pembalap akan lebih mendapatkan feeling untuk lebih cepat.

Namun semakin miring motor, manfaat dari sok depan tak begitu diperlukan karena hanya bekerja naik-turun. Disaat inilah kelenturan sok depan diperlukan.

Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan fleksibilitas yakni lewat desain sasis. Namun penggunaan sok depan karbon ini juga mampu membantu. Kemampuan ini tak dimiliki pada tabung sok konvensional berbahan besi.


(UDA)