Teknologi Otomotif

Bridgestone Kenalkan Desain Ban Tanpa Udara

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 25 May 2017 12:22 WIB
bridgestone
Bridgestone Kenalkan Desain Ban Tanpa Udara
Untuk saat ini ban tanpa udara digunakan untuk sepeda lebih dulu. Asphaltandrubber

Metrotvnews.com: Ban punya peran penting pada sebuah kendaraan, karet bundar ini mampu meredam guncangan permukaan jalan. Namun tidakkah anda berpikir, kalau dalam 100 tahun ke belakang, ban tak ada inovasi berarti yang benar-benar membuatnya berubah.

Selain pergantian konstruksi carcass ban dan peningkatan grip ban pada permukaan aspal, tak ada perubahan besar secara fisik. Mengenai seperti apa kendaraan khususnya motor di masa depan, para produsen ban sudah menyuguhkan ban masa depan dengan bentuk tak biasa.

Seperti Bridgestone yang berinovasi dengan ban tanpa udara, alias airless. Ban tanpa tekanan udara Bridgestone debut pertama kali pada 2013, dan sekarang mereka akan membawa teknologi itu untuk motor khusus luar angkasa pada 2019.

Sayangnya, untuk saat ini ban tanpa udara ini baru digunakan di sepeda, bukan motor. Ada beberapa alasan kenapa pilih sepeda ketimbang motor, salah satunya karena perkembangan motor akan lebih mudah dilakukan.

Ban tanpa udara ini punya beberapa keunggulan, salah satunya dalam hal perawatan seperti pengecekan tekanan udara. Selain itu juga tahan terhadap tusukan-tusukan benda tajam.

Menarik untuk ditunggu ban tanpa udara untuk mobil dan motor di masa mendatang.


(UDA)