Recall Motor

Oli Bocor, Harley-Davidson Recall 46 Ribu Motor

Ekawan Raharja    •    Selasa, 06 Jun 2017 19:00 WIB
harley-davidson
Oli Bocor, Harley-Davidson <i>Recall</i> 46 Ribu Motor
Harley-Davidson Road Glide Special termasuk ke dalam daftar sepeda motor yang terkena recall. Harley-Davidson

Metrotvnews.com: Harley-Davidson melakukan recall terhadap 46 ribu produknya di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena ada komponen yang tidak terpasang sempurna, sehingga oli bisa keluar dan membahayakan.

Program ini ditujukan untuk model-model touring seperti Electra Glide Ultra Classic, Police Electra Glide, Police Road King, Road King, Road King Special, Street Glide, Street Glide Special, Road Glide, dan Road Glide Special. Sepeda motor yang terkena program recall ini yang diproduksi mulai 2 juli 2016 hingga 9 Mei 2017.

Dikutip dari Autoevolution, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mencatat selang oli tidak terpasang dengan benar. Harley-Davidson pun juga mengakui bahwa kesalahan ini terjadi saat perakitan berlangsung.

Masalah ini awalnya sudah di deteksi oleh mekanik saat melakukan dynamometer. Di suatu saat, selang oli bergesar sendirinya, dan dealer meminta pabrikan untuk melakukan investigasi.

Kemudian pada 13 April 2017, si Elang Amerika Serikat tersebut menutup kasus karena tidak ada kasus serupa di lapangan. Sayangnya investigasi mereka meleset, seminggu kemudian Harley-Davidson mendapatkan laporan terjadi kecelakaan yang diakibatkan oli yang berceceran dan menyebabkan roda belakang kehilangan traksi.

Kasus ini pun akhirnya di buka lagi pada 20 April 2017 hingga 9 Mei 2017. Investigator melakukan penyelidikan terhadap pelanggan dan laporan garansi, bersamaan peninjauan ulang catatan di pabrik.

Akhirnya terungkap telah terjadi sembilan kecelakaan, termasuk dua di antaranya diakibatkan pemasangan selang oli yang tak sempurna. Untungnya korban kecelakaan hanya mengalami luka ringan.

Hasilnya saat ini recall dilakukan secara besar-besaran di seluruh penjuru negara. Para pemilik diharapkan melakukan pemeriksaan kuda besi kesayangan mereka. Jika memang termasuk ke dalam program recall, mekanik akan melakukan perbaikan dan konsumen tidak dikenakan biaya alias gratis.


(UDA)