Motor Baru

Mesin Royal Enfield Kini Bermesin Dua Silinder Segaris 650 cc

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 07 Nov 2017 14:04 WIB
royal enfield
Mesin Royal Enfield Kini Bermesin Dua Silinder Segaris 650 cc
Mesin Royal Enfield 650 cc jadi senjata baru kuasai segmen motor menengah. Indianautosblog

Metrotvnews.com: Pabrikan motor merek Inggris yang kini dimiliki pengusaha India, Royal Enfield, mengatakan siap fokus mengembangkan segmen motor kelas menengah. Strategi pasar ini berlaku secara global.

Mereka pun merilis mesin anyar dua silinder segaris berkapasitas 650 cc, yang rencananya mulai dipasangkan di motor produksinya mulai April 2018 mendatang. Tak disebutkan apakah akan terpasang untuk model yang sudah ada atau untuk motor yang benar-benar baru.

Jantung mekanis yang dikenalkan di UK Technical Center di Bruntingthorpe, Inggris ini mempunyai output tenaga sebesar 46,7 daya kuda @7.100 rpm, torsi 52 Nm @4.000 rpm. Cukup lumayan, meski tak terlalu besar mengingat karakter motor Royal Enfield kebanyakan untuk berkendara santai.

Spesifikasi lengkap mesin ini berkapasitas murni 648 cc, SOHC, 4 valve, dengan rasio kompresi 9,5:1. Sistem pendinginan oli juga didukung sirip-sirip di blok mesin untuk memaksimalkan pendinginan.

Mesin ini juga mengusung crankshaft dengan sudut 270 derajat serta dilengkapi balancer untuk meredam getaran. Crankshaft model tempa jadi opsi tambahan mereduksi getaran.

Lantas mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan dan slip-assist clutch. Pabrikan mengatakan mesin ini punya kemampuan tinggi dan sesuai untuk rider pemula yang baru naik kelas dari motor bermesin kecil.


(UDA)