Modifikasi Motor

Yamaha XS650, Racikan Tak Lekang Zaman

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 01 Oct 2016 19:03 WIB
modifikasi motor
Yamaha XS650, Racikan Tak Lekang Zaman
XS650 1980 lebih muda dengan modifikasi cafe racer. Pipeburn

Metrotvnews.com: Memiliki kuda besi lansiran lawas tentu sudah ketinggalan zaman jika dalam keadaan standar. Butuh sesuatu yang membuatnya kembali tampak segar, seperti yang dilakukan Tommy Rand, pemilik bengkel Relic Motorcycles di Aarhus, Denmark. Tom meracik konsep cafe racer di Yamaha XS650 1980 miliknya.

"Dengan meracik motor ini, saya ingin membangun sebuah cafe racer klasik dengan tema hitam dan perak. Sebuah motor yang keren untu pengendara pengguna jeans atau jaket kulit sekalipun," papar Tom.

Dalam proses pengerjaannya, sub-frame bagian belakang diracik ulang untuk membuatnya lebih simpel dan bersih. Subframe ini dipotong hingga mendekati dudukan sokbreker, dan menjadi tempat untuk jok kulit yang hanya menampung satu orang saja.

Dibawahnya, area yang biasa diisi dengan panel bodi samping sekaligus tempat meletakkan aki bersih. Area ini justru diisi velocity stack dari sepasang karburator, yang sudah diberi lapisan krom.

Tangki bahan bakar bergaya British dilapisi cat hitam mengkilap, terlihat sederhana. Logo Yamaha yang dipasangkan cuatan aura klasik dari motor dua silinder tersebut.

Bergeser ke bagian kaki-kaki, pelek Yamaha yang entah dari tipe apa diguyur warna hitam. Karet bundar Avon Speedmaskert MKII dan Shinko E270 membungkus kedua pelek. Master rem aftermarket, selang rem braided memperkuat sektor pengereman.

Demi mempertahankan unsur minimalis, lampu depan bulat dengan dudukan custom terpasang rapi. Spidometer mini dan lampu belakang kecil, dirasa pas untuk menunjang unsur safety dari motor ini.

Sudah tak terlihat tua lagi bukan?


(UDA)