Safety Riding

Bahaya Bonceng Tiga, Bikin Sepeda Motor Tidak Seimbang

Ekawan Raharja    •    Minggu, 31 Dec 2017 09:05 WIB
safety riding
Bahaya Bonceng Tiga, Bikin Sepeda Motor Tidak Seimbang
Ketiga wanita terjatuh akibat tidak seimbang ketika menikung dan jalanan yang licin. Doc MI

Jakarta: Mengendarai Sepeda motor sudah diatur oleh undang-undang. Salah satu yang diatur adalah sepeda motor hanya diperbolehkan dinaiki oleh dua orang.

Hal tersebut sudah diatur di Undang-Undang 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 9 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Disebutkan kalau setiap sepeda motor tanpa kereta samping dilarang membawa Penumpang lebih dari satu orang.

Peraturan in dibuat tentu untuk melindungi pemotor ketika sedang berkendara. Efek membawa penumpang lebih dari satu orang bisa membuat pengemudi tidak leluasa mengendalikan sepeda motor. Efeknya keseimbangan sepeda motor pun dapat terganggu.

Efeknya bisa seperti tiga orang wanita yang terekam di dalam sebuah video. Mereka harus merasakan kerasnya aspal dan tentunya malu karena diperhatikan oleh banyak orang.

Sebah video di dunia maya merekam sebuah kondisi jalanan yang cukup basah usai hujan di sebuah gang. Jalan terlihat mengkilap karena air dan dipastikan akan licin.

Tidak lama kemudian datang sebuah motor yang dinaiki tiga orang wanita yang tampaknya usia masih belia. Sayangnya saat menikung, jalanan yang licin dan keseimbangan yang buruk membuat mereka terjatuh dengan gaya low side layaknya pembalap MotoGP.

Sudah pasti mereka harus terseret beberapa meter. Sedangkan sepeda motor yang mereka tumpangi juga sempat menabrak sepeda motor lain, namun tidak sampai jatuh.

Nah in bisa menjadi pelajaran ketika mengendarai sepeda motor harus berhati-hati, dan juga patuhi peraturan. Kalau tidak, siap-siap mencicipi kerasnya aspal.



(UDA)