Calya Bermasalah

Calya Mulai Ada Keluhan, Overheat & Koil Mati

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:48 WIB
toyota
Calya Mulai Ada Keluhan, <i>Overheat</i> & Koil Mati
Setidaknya sudah ada dua Calya G Matic yang alami oveheat. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah banyak dipesan konsumen. Sekarang pun semakin sering melihat si kembar LCGC ini di jalanan. Tapi mobil baru pun tidak bebas dari masalah teknis yang mengganggu. 

Keluhan atau penyakit pada mobil ini mulai terlihat. Di halaman fanpage Calya Sigra Community (Calsic), ada penggunanya yang mengeluhkan mesin mobil overheat (kepanasan). Salah satunya akun Phikang Cool yang menuliskan mesin Calya-nya overheat diikuti indikator radiator menyala.

"Tapi saya cuekin, terus tiba-tiba AC enggak dingin, kerasa agak panas, akhirnya dari depan mobil saya berasap dan akhirnya saya menepi," tulisnya. 

Pada saat kejadian berlangsung, Senin (19/9/2016), kondisi jalanan sedang macet. "Setelah saya cek kondisinya tutup air cadangan terbuka, air radiator habis, kipas berhenti. Saya telepon Astraworld juga tak datang-datang, akhirnya saya beli air mineral di minimarket. Coba isi radiatornya, mesin dihidupkan lagi dan ternyata heat detector mati, akhirnya saya buat jalan lagi pulang ke rumah," ungkapnya.

Mobil pun langsung dibawa ke Auto2000 tempat mobil ini dibeli dan harus diinap untuk mendeteksi sumber masalah. Menurutnya kejadian serupa sudah dialami dua mobil dengan tipe sama, yakni Calya G Matic.

"Mesin dibongkar untuk menguji temperaturnya. Dapat update dari bengkel resmi, mobil harus inap semalam lagi. Penyebabnya adalah udara yang masuk di cooling system, sehingga sirkulasi jadi tidak maksimal," lanjutnya pada Rabu (21/9/2016).

Lain lagi dengan Ade Habibie, pencetus Calsic ini justru mengalami kasus koil mati. "Koil nomor 2 mati, gejalanya pas kecepatan 60 km/jam engine check nyala, mesin getar, AC panas. Koil diganti gratis Auto2000 Kapuk," paparnya.

Proses penggantian ini memakan waktu 5 hari. "Jumat dites, Sabtu mereka order koil ke pusat, Senin koil dipasang dan Selasa mobil diambil. Setelahnya mobil tidak ada masalah, sudah dites bawa ke Dago, Bandung aman," sambungnya.

Tentu kasus-kasus tersebut tak dialami seluruh mobil, namun jika pengguna Calya-Sigra alami hal yang sama, barangkali masalahnya juga persis. Selain mesin overheat dan koil, yang dikomentari lainnya adalah amblasnya mobil saat diisi penumpang penuh. 

Namun menurut kami ini wajar, karena tak perlu Calya-Sigra, mobil berjenis MPV seperti Innova pun akan amblas jika diisi penumpang secara penuh dengan bobot yang berat.
 


(UDA)