Tips Motor

Kenali Jas Hujan yang Sudah Kedaluwarsa

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 09 Nov 2016 09:00 WIB
tips motor
Kenali Jas Hujan yang Sudah Kedaluwarsa
Jas hujan juga ada kedaluwarsa. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Jas hujan menjadi salah satu peralatan wajib pengendara sepeda motor. Terutama ketika sedang musim hujan. Tanpa jas hujan, Anda bakal basah dan terkena noda kotor saat hujan turun.

Oleh karena itu, memilih jas hujan tidak boleh asal. Anda harus memastikan menggunakan jas hujan yang nyaman dan aman ketika dipakai saat berkendara.

Tapi tahukah Anda, jas hujan ternyata memiliki masa pakai atau kedaluwarsa? 

Menurut Aling, salah seorang penjual jas hujan di Mangga Dua Jakarta, jas hujan memiliki umur pakai dan bisa juga bolong meski tak pernah dikenakan.

"Jas hujan biasanya tetap akan bolong. Namun lubangnya sangat kecil. Jika air masih tembus ke dalam saat hujan turun, bisa jadi jas hujan sudah mulai rusak," jelas Aling saat ditemui Metrotvnews.com, di tokonya, beberapa waktu lalu.

Menurut Aling, umur jas hujan biasanya tidak sampai satu tahun. Cara mengetahui jas hujan masih bisa dipakai atau tidak terbilang mudah. Pemilik jas hujan bisa menerawang jas hujan ke lampu di ruangan yang agak gelap. Jika ada berkas sinar lampu yang tembus, berarti kondisi jas hujan sudah tidak bagus.


(HIL)