Tips Knowledge

Mengenal Ragam Jenis Mesin Hybrid Dari Cara Kerjanya

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 21 May 2018 10:36 WIB
tips knowledge
Mengenal Ragam Jenis Mesin Hybrid Dari Cara Kerjanya
PCX Hybrid akan dijual diangka Rp40 jutaan. Honda

Jakarta: Saat ini kendaraan hybrid sudah menjadi tren dunia. Dengan memadukan mesin bakar dan mesin listrik, kendaraan jenis ini menawarkan performa yang baik, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Sebuah hal yang bertolak belakang, tapi memang itulah faktanya. Di Indonesia sendiri beberapa brand otomotif sudah mengenalkan produk bermesin hybrid, termasuk Honda yang sudah merilis PCX Hybrid dan akan berbanderol Rp40 jutaan.

Pada prinsipnya, mesin hybrid adalah kendaraan yang memadukan mesin bakar dan motor listrik untuk sumber tenaga. Endro Sutarno Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor menjelaskan kalau ada tiga jenis hybrid berdasarkan cara kerjanya.

Pertama parallel hybrid system, mesin bensin tetap sebagai sumber tenaga utama, dengan motor listrik memberi bantuan sesuai kebutuhan. "Motor listrik yang punya torsi besar sejak putaran awal akan membantu mesin saat start dan selama akselerasi," katanya.

Kedua series dan parallel hybrid system, bekerja dengan kombinasi. Pada kecepatan rendah motor listrik yang bekerja, baru pada kecepatan tinggi mesin bensin yang bekerja sendiri, bisa pula bekerja bersamaan. Sistem ini lebih kompleks.

Ketiga series hybrid system, mirip kendaraan listrik karena hanya mengandalkan motor listrik saja untuk tenaga penggerak. "Tapi ada pula mesin bensin, yang hanya bertugas untuk memberi daya listrik pada generator," pungkasnya.

Untuk Honda PCX Hybrid sendiri menggunakan sistem paralel hybrid, karena tetap mesin 150cc sebagai sumber tenaga utama, dan motor listrik membantu saat akselerasi, dan itu pun hanya selama tiga detik saja.


(UDA)