Balap Motor

Tutup Pelek Misterius Ducati, Bantu Sisi Aerodinamika

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 21 Jun 2017 14:08 WIB
balap motor
Tutup Pelek Misterius Ducati, Bantu Sisi Aerodinamika
Duacti masih terus kembangkan penutup peleknya. Ducati

Metrotvnews.com: Jika MotoGP kerap disebut sebagai perang teknologi roda dua tiap pabrikan, nyatanya balap World Superbike tak kalah seru. Meski pakai motor produksi massal, ada teknologi-teknologi baru yang ditampilkan.

Terbaru ada Ducati yang memasangkan tutup berbahan serat karbon pada pelek belakang Panigale R yang digunakan Chaz Daviez. Tutup pelek ini diyakini mampu meningkatkan aerodinamika, dan mengurangi hambatan angin khususnya pada area roda.

Teknologi ini baru pada balapan motor, tapi pada balap sepeda sudah lama digunakan. Dulu Ducati sempat mencoba pada tunggangan MotoGP saat tes pramusim, namun tidak terus digunakan saat seri balap berlangsung.

Nampaknya Ducati masih mempelajari manfaat wheel cover, begitu mereka menyebutnya, terhadap performa tunggangan mereka. Jika catatan waktu membaik, bukan tak mungkin kelak motor balap Ducati akan dilengkapi dengan piranti ini.

Pabrikan Italia ini tahun depan masih akan menggunakan Panigale R pada balapan World Superbike. Motor bermesin V4 ini mengusung desain yang aerodinamis, menyudut. 

Sebelum wheel cover, Ducati dikenal dengan winglet di ajang MotoGP. Sayap yang terpasang pada bagian depan motor ini berfungsi untuk menambah gaya tekan agar motor lebih lengket dan meminimalisir terangkatnya roda depan.


(UDA)