Teknologi MotoGP

Dashboard Messages Siap Digunakan Tim MotoGP Mulai 2018

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 30 Jun 2017 10:55 WIB
motogp
Dashboard Messages Siap Digunakan Tim MotoGP Mulai 2018
Dashboard Messages resmi diterapkan mulai tahun depan. MCN/AFP

Metrotvnews.com: Masih ingat wacana penyelenggara MotoGP untuk melengkapi pembalap dan tim dengan radio komunikasi layaknya balap Formula 1 beberapa waktu lalu? Rencana tersebut ditentang banyak pihak karena menghilangkan keseruan balapan motor.

Kala itu wacana tersebut muncul usai seri MotoGP Assen,  Belanda dan Sachsenring, Jerman berlangsung dalam kondisi cuaca tak kondusif. Pembalap harus melakukan penggantian motor karena cuaca yang berubah-ubah.

Kini Komisi Grand Prix mengumumkan rencana penggunaan dashboard messages, atau pesan singkat yang ditampilkan pada area panel instrumen motor. Lebih praktis ketimbang menggunakan radio komunikasi.

Dalam pengumuman resminya, kelas Moto3 dan MotoGP harus memiliki fasilitas untuk menampilkan pesan di panel instrumen yang terhubung dengan lampu peringatan, dan diberlakukan pada 2018 mendatang. Sedang kelas Moto2 mulai 2019.

Beberapa tim sudah memiliki fasilitas dashboard messages di kuda besinya. Dan komisi grand prix mempersilahkan tim untuk mulai mencoba fasilitas tersebut.

Tanpa diminta, beberapa tim memang sudah menggunakan teknologi ini. Selain mengirimkan pesan, panel instrumen yang digunakan juga bisa menampilkan catatan waktu, instruksi keselamatan dan informasi lainnya.


(UDA)