Kendaraan Listrik

Sttt... Ada Yamaha Fino Bermesin Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 25 Jul 2017 17:04 WIB
mobil listrikyamaha
<i>Sttt...</i> Ada Yamaha Fino Bermesin Listrik
Tim teknis Yamaha masih menyempurkan e-Vino sebelum memasarkannya secara resmi. asphalt&rubber/yamaha

Metrotvnews.com: Yamaha rupanya mempunyai Fino versi mesin listrik. Puluhan skuter matic bergaya retro tersebut terlihat di jalanan Saitama, kota kecil di utara Tokyo, sebagai kendaraan sewaan bagi wisatawan.  

Nama dan dimensi e-Fino tidak berbeda dengan Vino bermesin bakar yang sering kita jumpai. Sejauh ini Yamaha belum memasarkan e-Fino dengan alasan masih terus menyempurnakannya.

Selain unit yang disewakan, Yamaha juga membangun beberapa Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Saitama. Kota tersebut dipilih sebab pemerintahnya sedang serius mengembangkan smart city dan kota bebas polusi dengan memperbanyak populasi kendaraan umum bermesin listrik.

Honda juga terlibat dalam proyek tersebut. Honda rencananya akan menghadirkan Super Cub bermesin listrik dan transmisi matic. Purwarupa versi listrik sepeda motor yang iconik itu pernah Honda pamerkan di dalam Indonesia Motor Show akhir tahun lalu.



Pasar skuter listrik di Indonesia telah dirintis Viar melalui Pulse dan Q1 yang menggunakan motor dari BOSCH. Sayangnya dua produk dari produsen yang berbasis di Semarang itu kurang disambut pasar karema masih minimnya ketersediaan SPLU.

baca juga: PLN Sanggupi Sediakan SPLU

Ada pula Gesit yang dikembangkan Garasindo Grup bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Gesit bahkan akan dipamerkan dalam pameran kendaraan roda dua terpenting dunia, EICMA pada akhir tahun ini.



Namun nasib Gesit bisa jadi akan seperti Viar Pulse dan Q1 bila PLN selaku satu-satunya penyedia listrik di Indonesia tidak kunjung menyediakan SPLU secara massif. Di sisi lain kesulitan PLN bisa dipahami sebab saat ini Indonesia masih defisit listrik. Namun setidaknya bisa membuat pilot project di kota tertentu seperti dilakukan Pemkot Saitama dengan menggandeng Yamaha dan Honda.

baca juga: GAIKINDO Menunggu Regulasi Kendaraan Listrik

 


(LHE)