Motor Konsep

T-Cruise, Motor Cruiser yang Hening dari Tacita

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 13 Oct 2017 11:07 WIB
motor listrik
T-Cruise, Motor Cruiser yang Hening dari Tacita
Motor listrik ini mampu menempuh jarak 270 kilometer jika baterai penuh. MCN

Metrotvnews.com: Membayangkan sebuah motor jenis cruiser, maka terbayang motor dengan dimensi gambot dengan suaranya yang gahar. Namun kemajuan motor listrik akan membuat motor cruiser hilang dari kodrat aslinya.

Adalah Tacita, yang mengenalkan motor konsep bertenaga listrik mereka yakni Tactica T-Cruise. Motor ini berjenis cruiser, yang tetap besar dimensinya, namun jauh lebih hening.

Tampilan T-Cruise pun gahar dengan laburan warna serba hitam. Menariknya, pabrikan yang bermarkas di Italia ini melakukan inovasi baru pada motor listriknya.

Terobosan itu adalah penggunaan transmisi lima percepatan di motor ini. Tacita tak senang dengan sepeda motor tenaga listrik, yang tanpa transmisi sehingga mengawinkan motor listrik dengan transmisi manual lima percepatan.

Motor listrik di motor ini mampu memproduksi tenaga hingga 40 daya kuda, dengan torsi mencapai 69,1 Nm. Motor ini juga dilengkapi dengan mode berkendara eco dan sport, seperti produk motor listrik Tacita lainnya.

Motor ini pun tak kalah jika dibandingkan dengan Harley-Davidson Sportster 883 Iron. Torsinya unggul 69,1 Nm berbanding 67,7 Nm. Lalu jarak tempuh 270 km berbanding 260 km. Lalu interval perawatan, Iron setiap 8.000 km, maka T-Cruise hanya ganti baterai tiap 540 ribu km.


(UDA)