Balap Motor

Tim MotoGP Tampilkan Beragam Bentuk Paket Aero

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 31 Jan 2018 14:50 WIB
motogp
Tim MotoGP Tampilkan Beragam Bentuk Paket Aero
Tes pramusim dimanfaatkan untuk mengusi paket fairing. Istimewa

Sepang: Sesi tes pra musim MotoGP yang berlangsung di Sepang, Malaysia(28-30 Januari 2018 kemarin para tim MotoGP melakukan tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dalam tes kali ini tim-tim melakukan riset dan menjajal beragam komponen baru. 

Salah satu komponen yang banyak diuji adalah fairing motor dengan piranti aerodinamika yang biasa disebut winglet. Regulasi memperbolehkan penggunaan winglet internal, bukan terpisah dari fairing motor.

Paket aerodinamika memang masih jadi isu menarik, karena ada pembalap yang cocok ada pula yang tidak. Contoh Jorge Lorenzo yang gunakan paket aero di kuda besinya, tapi tidak dengan rekan satu timnya Andrea Dovizioso.

Bentuk fairing motor pun jadi beragam, dan pastinya tetap mendapatkan manfaat dari paket aero yakni downforce di bagian depan. Berikut kami tampilan beragam bentuk paket aero yang digunakan berbagai tim peserta MotoGP di Sepang, Malaysia.

Honda
Menjajal beragam fairing dengan aerokit yang menyatu. Pada foto modelnya persis milik Ducati tahun lalu. Motor ini diuji Hiroshi Aoyama serta Marc Marquez. Motor RC213V kini jadi lebih lebar dibagian depan. 

"Penggunaan fairing ini untuk hilangkan wheelie dan menambah downforce. Memang top speed sedikit berkurang, tapi stabilitas pengereman jadi baik, sayangnya ketika masuk tikungan motor jadi berat," kata Marquez.

Yamaha
Tim garputala menguji beberapa fairing, pertama fairing ramping dengan lekuk kedalam disisi airscoop. Bagian yang menjorok ini jelas untuk aliran udara yang lewat dan menambah daya tekan.

Ada pula fairing dengan aerokit yang menonjol keluar. Valentino Rossi dan Maverick Vinales menjajal fairing ini, setelah Yonny Hernandez, dari Monster Yamaha Tech3 mencobanya lebih dulu.

Suzuki
Tim yang andalkan Andrea Iannone dan Alex Rins ini memadukan winglet tahun lalu dengan model terbaru, yang bentuknya seperti kumis.

Ducati
Pelopor penggunaan winglet ini usung fairing yang lebih ramping, demi mengakomodir winglet yang besar agar tetap sesuai regulasi. Hasilnya positif, Jorge Lorenzo jadi rider tercepat disesi tes hari terakhir kemarin.

Aprilia
Kuda besi Aprilia RS-GP usung fairing yang punya bentuk persis motor superbike mereka RSV4. Bentuknya menyiku dan kaku, tak lagi lurus pendek seperti yang digunakan pada tes pramusim tahun lalu.


(UDA)