Recall Motor

Sasis Bermasalah, Piaggio Recall Ribuan Medley

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 16 Nov 2017 11:50 WIB
piaggiorecall motor
Sasis Bermasalah, Piaggio <i>Recall</i> Ribuan Medley
Ribuan Piaggio Medley terkena recall di Vietnam. MTVN/ Ekawan Raharja

Hanoi: Pabrikan motor asal Italia yakni Piaggio harus menarik kembali (recall) ribuan unit Medley di Vietnam. Skuter ini termasuk belum lama dikenalkan, dan juga diekspor ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Berdasarkan pernyataan Piaggio Vietnam, hal ini merupakan kebijakan Piaggio Global untuk meningkatkan kualitas produk dan kepuasan konsumen. Setidaknya ada 3.335 unit Medley yang harus diperiksa kembali.

Recall ini disebabkan sasis frame yang disebut tidak standar, sehingga bisa mengganggu rigiditas motor keseluruhan. Permasalahan ini diketahui saat pemeriksaan periodik yang dilakukan pihak quality control Piaggio.

Masalah pada sasis utama ini terdapat pada Piaggio Medley ABS 125cc dan 150cc. Karena tak standar, diperkirakan akan timbul kerusakan dimasa mendatang dan berpotensi membahayakan.

Piaggio Vietnam akan memeriksa secara gratis dan meng-upgrade sasis ini. Di satu sisi, seperti dituliskan Motosaigon, Piaggio akhirnya memberi perpanjangan masa garansi satu tahun atau 10.000 km untuk konsumen yang motornya terkena recall.

Lantas bagaimana dengan Medley di Indonesia? Memang belum ada pernyataan khusus dari Piaggio Indonesia, namun tak ada salahnya konsumen pemilik Medley membawanya menuju bengkel resmi dan menanyakan hal tersebut.


(UDA)