Pembalap Nasional

Cuma Punya 1 Kaki Asli, M. Fadly Pede Latihan Balap

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 08 Sep 2016 17:12 WIB
balap motor
Cuma Punya 1 Kaki Asli, M. Fadly <i>Pede</i> Latihan Balap
Fadly (43) mulai melatih anak didik Honda Racing School. AHRT

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak mengalami kecelakaan hebat di balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2015 lalu di Sirkuit Sentul, Bogor, M. Fadly yang merupakan pembalap Supersport 600 Astra Honda Racing Team (AHRT) berhenti balapan.

Kaki kirinya terluka sangat parah dan banyak yang memprediksi Fadly tak akan membalap lagi. Tapi dugaan itu salah. Rabu (7/9/2016) lalu, pembalap identik dengan nomor 43 ini kembali ngegas motor di sirkuit.

Memang bukan untuk ikut event balap resmi, tapi melatih siswa Honda Racing School (HRS) di Sirkuit Sentul Karting, Bogor. Fadly menggunakan motor GP Mono yang telah dimodifikasi.

Kaki kiri pria yang akrab disapa Komandan ini telah menggunakan kaki prosthetic, sehingga tak mungkin melakukan shifting. Tapi posisi transmisi dipindah ke kanan, dan shifting dilakukan menggunakan kaki kanan.

"Untuk motor tipe sport saya memang menggunakan 100 persen rem depan dan itu saya lakukan sejak dulu aktif balapan. Jadi sekarang tak butuh rem belakang, walau nanti akan dipasang rem belakang di tuas handle bar sebelah kiri," kata Fadly.

Modifikasi rem ini dilakukan oleh 96 Motor. "Untuk rem belakang tidak dipasang karena ini hanya sementara. Dan setelah terbiasa akan diaplikasikan ke Honda CBR600, untuk remnya kita modifikasi sebelah kiri pakai jempol tangan," pungkas Zack Raredina, dari 96 Motor.


(UDA)