Motor Listrik

Vektor, Motor Listrik Buatan Jaguar Land Rover

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 12 Nov 2018 08:18 WIB
motor listrikjaguarland rover
Vektor, Motor Listrik Buatan Jaguar Land Rover
Motor listrik Vektor. Carscoops

Inggris: Tertarik bermain di segmen sepeda motor listrik, Jaguar Land Rover melakukan investasi bersama produsen sepeda motor listrik Arc, melalui InMotion Investment fund. Produsen sepeda motor Inggris yang didirikan oleh mantan eksekutif Jaguar, Mark Truman itu pun telah meluncurkan model listrik pertamanya yang dijuluki Vektor.

Vektor di bangun menggunakan struktur komposit karbon ringan dan monocoque modul baterai. Tujuannya untuk membatasi berat badan saat menyamai kekakuan motor MotoGP. Total berat Vektor yakni 220 kg (485 lbs).

Fitur canggih lain yang disematkan di Vector ada swingarm depan dan belakang yang terbuat dari bahan serat karbon, peredam Ohlins dan rem Brembo.

Tenaga Vector berasal dari motor listrik canggih dan paket baterai yang memungkinkan sepeda motor bisa sprint dari 0-100 km per jam dalam 3,1 detik, sebelum melesat pada kecepatan tertinggi 193 km per jam.

Motor ini juga diklaim mampu menempuh jarak sekitar 320 km, sementara untuk penggunaan perkotaan 193 km di jalan raya.  Tak hanya itu, Vektor juga dilengkapi dengan helm canggih untuk sang pengemudi.

Bicara soala investasi Jaguar Land Rover, Managing Director InMotion Ventures, Sebastian Peck mengatakan tentang menjadi pemimpin teknologi untuk meciptakan lingkungan yang lebih baik.

“Misi kami adalah mengembangkan jejak yang diperluas untuk Jaguar Land Rover di dunia baru yang berani dari mobilitas premium. Kami memahami kekuatan koneksi emosional dan menciptakan objek yang sangat diinginkan, jadi kami melihat sinergi alami dengan Arc. Vektor adalah perkembangan luar biasa dalam perjalanan sepeda motor generasi mendatang,” kata Peck seperti dikutip Carscoops.


(UDA)