Balap Motor

Suzuki RGV500 Kevin Schwantz Bakal Direstorasi di Depan Umum

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 08 Nov 2017 17:42 WIB
suzuki
Suzuki RGV500 Kevin Schwantz Bakal Direstorasi di Depan Umum
Aksi Suzuki RGV500 1989 bersama Kevin Schwantz yang akan direstorasi. Suzuki

Metrotvnews.com: Merestorasi motor klasik atau motor jadul, memang tidak mudah. Apalagi jika komponen yang ingin dipasang menuntut komponen orisinal. Tapi akan lebih sulit lagi jika tantangan restorasi dilakukan langsung di ruang pamer dalam sebuah pameran. Dan itu bakal dilakukan di sebuah pameran otomotif dan kali ini Suzuki memilih merestorasi motor milik Kevin Schwantz.

Nama Kevin Schwantz dikenal sebagai salah satu pembalap legendaris GP500 sebelum namanya berganti kategori jadi MotoGP. Kevin menggunakan kuda besi Suzuki RGV500 selama tahun 1989.

Suzuki pun akan melakukan restorasi kuda besi tersebut pada 18-26 November 2017 mendatang di Motorcycle Live Show di NEC, Birmingham, Inggris. Proses restorasi bakal dilakukan secara langsung di hadapan pengunjung pameran.

Pemilihan motor tahun 1989 bukan tanpa alasan, karena tahun tersebut jadi tahun terbaiknya, meski Schwantz gagal meraih gelar juara dunia karena kecelakaan. Baru pada 1993 dirinya meraih juara dunia bersama Suzuki.

"Schwantz jadi salah satu legenda di Inggris, bagi kami di Suzuki tidak jauh beda, motor RGV500 1989 miliknya jadi mesin ikonik yang akan kami restorasi. Kami sudah melakukan untuk beberapa motor, tapi ini kali pertama kami merestorasi motor legendaris itu," kata Suzuki Inggris, Tim Davies.

Proses restorasi ini merupakan bagian dari Suzuki's Vintage Parts Programme yang mulai bergerak sejak 2013 lalu. Sebelumnya kegiatan ini sudah merestorasi motor TL1000S, GSX-R750F dan Team Classic Suzuki's Katana Endurance dalam tiga pertunjukan terakhir.


(UDA)