Motor Listrik Cuma Fenomena Transisi

Ekawan Raharja    •    Minggu, 16 Oct 2016 13:15 WIB
motor baru
Motor Listrik Cuma Fenomena Transisi
Honda EV NEO merupakan skuter matik bertenaga listrik.

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa pabrikan sepeda motor  mulai memperkenalkan sepeda motor bertenaga listrik. Uniknya, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menilai tren sepeda motor listrik hanya masa transisi semata.

"Seluruh pemain sepeda motor termasuk mobil, mempunyai kapasitas teknisi untuk mengembangkan teknologi listrik. Tapi sepeda motor listrik itu cuma transisi menuju teknologi yang lebih maju," ujar Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata, Jumat (14/10/2016).

Pria yang sudah puluhan tahun bergabung di AISI tersebut menilai tren sepeda motor dunia menuju sepeda motor berbahan bakar fuelcell. Oleh karena itu Gunadi menilai sepeda motor listrik hanya transisi menuju sepeda motor berbahan bakar lain.

"Tapi yang lebih penting adalah bagaimana kebijakan pemerintah. Supaya ada garis yang jelas mengenai bahan bakarnya," tegasnya.

Sejauh ini, Honda sudah memperkenalkan sepeda motor listrik EV Neo kepada masyarakat Indonesia. Bahkan Garansindo bersama Institut Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan skuter listik yang diberi nama Gesits.



(HIL)