EICMA 2016

Brutale 800 RR 2017, Si Cantik dari Italia

Ekawan Raharja    •    Jumat, 11 Nov 2016 21:52 WIB
Brutale 800 RR 2017, Si Cantik dari Italia
MV Augusta Brutale 800 RR 2017. (CarAndBike.com)

Metrotvnews.com, Milan: Tuan rumah EICMA 2016 tak mau ketinggalan dengan pesaingnya dari Eropa dan Jepang. Di dalam ajang pameran internasional kendaraan roda dua yang berlangsung di Milan, Italia, MV Augusta menampilkan naked bike andalannya, Brutale 800 RR 2017.

Tampilan fisiknya tidak jauh berbeda dibanding versi sebelumnya. Hanya teknologi mesinnya diperbaharui menyesuaikan aturan ambang batas emisi Euro4. Hasilnya tak cuma emisi gas buang yang berkurang, tapi juga getaran mesin dan gelegar raungan dari tiga knalpotnya.

Tapi tenaga yang dihasilkan mesin tiga silinder 798cc yang dibopongnya justru lebih besar. Ini karena pasokan bahan bakar ke masing-masing silinder disuplai twin-injektor. Selain itu dilengkapi peredam serta mekanisme cam-chain tensioner, klep dan camshaft baru yang lebih ringan.



Tenaga sebesar 140 daya kuda disalurkan melalui quickshifter enam percepatan dengan kopling hidrolik dan sistem slipper terintegrasi. Paket elektronik juga mengalami upgrade yang mencakup peningkatan kemampuan ride-by-wire dan kontrol EAS 2,0 yang bisa didiagnosa pengendara dari kontrol panel di dashboard fully digital.

Peningkatan lainnya termasuk sistem kontrol traksi delapan tingkat dan dual channel dari Bosch ABS yang mampu mencegah roda belakang terangkat. Sistem pengereman dari Brembo, dengan cakram floating  320mm dicengkeram kaliper empat piston di depan dan kaliper twin-piston untuk cakram 220mm di belakang.



Steering damper MV Agusta Brutale 800 RR 2017 kini dapat disetel manual dalam delapan tingkat. Suspensi depan up-side-down 43mm dari Marzocchi dilengkapi penyetelan rebound dan preload terpisah. Demikian juga suspensi belakang monoshock dari Sachs yang memiliki jarak travel cukup panjang, 124mm.

Urusan warna, MV Augusta hanya menyedian merah dan putih untuk Brutale 800 RR 2017. Harga? Sayangnya belum diumumkan hingga peluncuran resminya awal tahun depan.
 
(LHE)