Balap Motor

Resmi, Triumph Pasok Mesin Moto2 Mulai 2019

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Jun 2017 14:08 WIB
moto2
Resmi, Triumph Pasok Mesin Moto2 Mulai 2019
Mesin Triumph menggunakan milik Street Triple berkapasitas 765cc. MCN

Metrotvnews.com: Pabrikan motor asal Inggris, Triumph, mengumumkan kembali di ajang balap motor prototipe tertinggi dunia yaitu MotoGP. Bukan sebagai tim balap, namun sebagai pemasok mesin, khususnya untuk kelas Moto2 mulai 2019 mendatang.

Dituliskan MCN, mesin Triumph bakal digunakan peserta Moto2 setidaknya untuk tiga musim balap. Mesin yang digunakan adalah milik motor naked bike mereka, Street Triple 765cc terbaru.

Mesin berbasis motor jalanan ini mampu menghasilkan tenaga 121 daya kuda, dipadu torsi 76,8 Nm. Meski begitu, hasil pengetesan yang dilakukan MCN, tenaganya justru lebih besar, 125,8 daya kuda, dan torsi 79,9 Nm.

Namun untuk mesin Moto2, Triumph disebut akan membuat tenaga puncaknya menjadi 131 daya kuda, dan torsi 79,9 Nm. Membesarkan tenaga karena Triumph bakal melakukan sejumlah penyesuaian pada mesinnya.

Perubahan yang dilakukan di antaranya sistem elektronik, katup masuk dan keluar yang lebih besar, klep berbahan titanium dipadu per klep titanium yang lebih keras. Dengan ubahan ini, mesin tresebut diklaim lebih tahan digeber dan lebih rakus bahan bakar.

Ubahan kunci lainnya adalah penggunaan slipper clutch FCC, dan race kit alternator. Di sini penutup alternator juga dibuat lebih ramping, untuk meningkatkan ground clearance. Begitu pula jalur oli yang diracik ulang.

Saat ini, Moto2 masih menggunakan mesin dari Honda CBR600RR. Berhentinya Honda lantaran kelas motor Supersport 600 mulai tak banyak diminati konsumen, sehingga sempat ada kabar jika CBR600RR bakal dihentikan produksinya.


(UDA)