Industri Otomotif

India, Pasar Terbesar Sepeda Motor Dunia

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 17 May 2017 11:53 WIB
penjualan motor
India, Pasar Terbesar Sepeda Motor Dunia
Pertumbuhan motor di India dipengaruhi infrastruktur. Hybridmoto-asphaltandrubber

Metrotvnews.com: Negara dengan jumlah penduduk paling banyak saat ini adalah Cina. Tapi faktanya negara dengan pasar terbesar untuk sepeda motor, ternyata bukan Tirai Bambu itu. Melainkan India, meski sebelumnya status ini dipegang oleh Cina.

Seberapa besar pasar motor di India? Tahun lalu lebih dari 17,7 juta motor terjual. Artinya setiap hari ada lebih dari 48.000 motor yang terjual. Cina lebih rendah 1 juta unit, yakni 16,8 juta motor.

Pasar motor India melesat tajam dalam tujuh tahun belakangan. Pertumbuhannya mencapai 32 persen. Penggunaan transportasi berkembang pesat, tapi justru didominasi penjualan sepeda motor.

Ada dua faktor penyebab tren ini, pertama bertambahnya pengendara wanita. Pekerja wanita di sana bertambah drastis. Faktor lainnya pertumbuhan infrastruktur di perkotaan dan jalan antar kota.

Sedangkan di Cina, penjualan motor tahun lalu turun 11 persen dibandingkan 2015. Penyebabnya banyak masyarakat sana beralih menggunakan mobil, seiring pertumbuhan ekonomi mereka.

Penyebab lainnya adalah tingkat pencemaran udara yang sudah sangat berbahaya. Penjualan motor listrik tak mampu berbicara banyak dan tak begitu direspon positif.


(UDA)