Balap Motor

Lengan Ayun Serat Karbon Repsol Honda, Belum Final

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 19 Feb 2018 09:41 WIB
balap motor
Lengan Ayun Serat Karbon Repsol Honda, Belum Final
Marquez menjajal lengan ayun serat karbon. Motogp

Buriram: Sesi tes pra musim kedua MotoGP berlangsung di Buriram, Thailand akhir pekan kemarin. Para rider dan tim kembali menjajal paket motor untuk musim balap 2018, termasuk sejumlah komponen baru. Semua komponen ini masih akan digodok sisi plus dan minusnya. Sehingga belum bisa difinalisasi untuk sesi race.

Bagian yang cukup menarik adalah penggunaan lengan ayun berbahan serat karbon. Lengan ayun jenis ini dijajal oleh duet tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa sejak di Sepang namun lebih intensif mencoba versi terbarunya di Buriram.

"Kami mencoba lengan ayun baru yang tak dimiliki tim lain. Untuk pertama kalinya kami mencobanya dan masih dalam proses. Ini tak mudah karena tak ada pengalaman sebelumnya," ujar Pedrosa.

Sebenarnya lengan ayun ini bukan barang baru, karena tim sudah menjajalnya sejak tes di Valencia dan Sepang, Malaysia. "Tak ada yang membicarakan ini saat itu, jadi kami tak menjelaskannya," kata Marquez.

Bicara tentang lengan ayun karbon, rider bernomor 93 ini masih sedikit ragu. "Ini pertama kalinya saya melakukan tes jarak panjang (200 lap). Ketika pakai ban baru, akan dapat grip lebih tapi ketika pakai ban bekas ada guncangan," katanya.

Jika flashback beberapa tahun ke belakang, banyak tim yang bereksperimen dengan menggunakan sasis karbon, dan yang paling diingat adalah Ducati yang menggunakannya tahun 2009. Tapi proyek ini dihentikan karena keluhan bahannya yang tak elastis alias kaku. Padahal mereka menggunakan rangka tersebut untuk memproduksi Ducati Panigale.


(UDA)