Perlengkapan Kendaraan

STNK Kendaraan Listrik Tersedia Akhir Tahun Ini

Ekawan Raharja    •    Rabu, 01 Nov 2017 08:55 WIB
surat kendaraan
STNK Kendaraan Listrik Tersedia Akhir Tahun Ini
STNK motor listrik nantinya akan mencantumkan besaran daya listrik. MTVN/Desi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia terus mempersiapkan berbagai fasilitas dan regulasi mengenai kendaraan listrik. Bahkan surat tanda kendaraan bermotor (STNK) kendaraan listrik pun kini sedang dipersiapkan.

Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono, menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Indonesia untuk membuat STNK kendaraan listrik. Nantinya di STNK akan tercantum besarnya daya yang dimiliki oleh kendaraan listrik.

"Masih proses koordinasi dengan teman-teman di Kepolisian, khususnya Korlantas, untuk ditambahkan tidak hanya CC (kubikasi mesin) tetapi juga Kilowatt (besaran daya listrik). Terus itu berlaku untuk sepeda motor dan mobil," ujarnya kepada tim Metrotvnews.com.

Bahkan Prasetyo dengan yakin menjawab kendaraan listrik bisa mulai mengaspal pada tahun depan. Mengingat akhir tahun ini atau awal tahun depan, STNK tersebut sudah bisa keluar.

"Saya pikir tidak ada pilihan lain lagi dan akhir tahun ini sudah harus selesai hingga saat ini, harus sudah jalan (kendaraan listrik). Jadi iya tahun ini atau tahun depan, stnk sudah keluar dan sepeda motor (listrik) bisa jalan," jawabnya mantab.

Optimisme ini tidak terlepas karena penggunaan kendaraan listrik sudah mendapatkan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. "Semua kooperatif, semua tidak ada yang tidak mendukung," tambah Prasetyo.

Di Indonesia memang tercatat sudah ada beberapa kendaraan listrik yang sudah mulai dipasarkan. Sebut saja sepeda motor Viar Q1 dan Zero S yang sepenuhnya digerakkan motor listrik, atau juga mobil BMW i8 yang mengusung teknologi plug-in hybrid.
(UDA)