Safety Riding

Risiko Celaka Besar, Bikers Wajib Punya Perlindungan

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 19 Oct 2017 16:17 WIB
safety riding
Risiko Celaka Besar, Bikers Wajib Punya Perlindungan
Talkshow Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas Jalan. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Data Korlantas Mabes Polri menyebutkan, pada 2016 sebanyak 372 kecelakaan terjadi setiap harinya. Ironisnya, angka tersebut melonjak sekitar 13 persen dibanding 2015, yang mencapai 303 kecelakaan per hari. 71 persen di antaranya adalah sepeda motor. 

Prihatin akan hal itu, PT Central Asia Financial (CAF) bersama Allianz menghadirkan asuransi Jaga Motorku (JM), untuk memberikan perlindungan personal accident terhadap tertanggung (jiwa), dan perlindungan bagi sepeda motor yang dimiliki oleh tertanggung. Kehadiran JM ini sekaligus melengkapi produk JAGADIRI dari CAF.

“Kolaborasi bersama Allianz Utama lndonesia adalah merancang produk asuransi, yang bisa melindungi kendaraan maupun pengemudi. Harga premi tidak memberatkan, yakni Rp165 ribu per tahun, sedangkan manfaatnya cukup besar serta prosesnya juga cepat," ujar CEO CAF, Reginald J. Hamdani, di perkenalan JM di Jakarta, Kamis (19/10/2017). 

Terkait keamanan sepeda motor, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, angka pencurian kendaraan bermotor mencapai 38.389 kasus pada 2015. Di sisi lain, kasus perampokan atau begal yang saat ini marak juga mengancam keamanan hartadan benda masyarakat. 

Untuk itu, masih di acara yang sama, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) menggelar talkshow sosialisasi keselamatan jalan bertajuk 'Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas Jalan'. Turut hadir Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas PMJ), Kombes Pol Halim Pagarra dan Koordinator Jarak Aman, Edo Rusyanto. 

Jaga Motorku juga turut mendukung gerakan kesadaran berlalu lintas jalan yang aman dan selamat/road safety, yang digelar Ditlantas Polda Metro Jaya maupun Jarak Aman. Mengingat masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang disiplin keselamatan berlalu lintas jalan.

Di sisi lain, asuransi JAGADIRI turut bekerjasama dengan Dirlantas Polda Metro Jaya memberikan bantuan asuransi kecelakaan gratis (Jaga Aman Bersama,  kepada sekitar 4.500 jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya. Ini sekaligus untuk menyambut Hari Asuransi Nasional yang diperingati tiap 18 Oktober. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra mengatakan, kegiatan sosialisasi dan edukasi ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Polri melalui Korps Lalu Lintas, yakni penetapan tahun 2017-2018 sebagai Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan.


(UDA)