Motor Listrik

Yamaha Siap Produksi Motor Listrik, jika Regulasi Fix

Ahmad Garuda    •    Minggu, 05 Nov 2017 10:38 WIB
motor listrikyamaha
Yamaha Siap Produksi Motor Listrik, jika Regulasi Fix
Yamaha siap jual produk motor listrik jika pra sarana sudah siap. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Era kendaraan listrik sepertinya tak bakal lama lagi marak di pasar otomotif nasional. Apalagi merek nasional macam GESITS, sudah mendapat restu dari pemerintah. Belum lagi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang sudah memberikan lampu hijau. Sayangnya hingga kini regulasinya belum fix.

Lalu apakah kita sudah benar-benar siap? jika dilihat dari sisi sarana dan prasarananya, bisa dikatakan bahwa negara ini belum siap memasuki era motor listrik. Lantaran beberapa hal penting seperti keamanan (karena tak bersuara dan kebocoran arus saat melalui genangan air yang cukup tinggi).

Kemudian stasiun pengecasan listrik dan yang terpenting penggunaan limbah baterai yang tak bisa didaur ulang. Inilah yang benar-benar harus dipikirkan oleh pemerintah. Jika semua regulasi itu fix, rasanya banyak APM yang siap bermain di segmen itu.

"Ya memang tidak mudah, karena kita harus memikirkan hal-hal di atas. Mungkin kalau cuma beberapa ratus motor saja, mungkin masih bisa diakali. Tapi jika sudah berbicara tentang jutaan motor yang akan terjual setiap tahun, harus ada solusi rilnya," klaim Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti.

Namun Dyonisius juga menegaskan komitmennya terhadap pasar nasional jika memang regulasi motor listrik sudah fix. Ia bahkan memastikan, pihaknya tak butuh waktu lama untuk memproduksi motor listrik ini untuk siap dijual.

Artinya, sekarang dibutuhkan kerja keras bersama untuk memastikan bahwa penggiringan industri otomotif nasional ke arah yang lebih ramah lingkungan, bisa segera terwujud.


(UDA)