Pasar Motor Global

Ekspor Xabre ke Vietnam dan Filipina Melonjak

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 20 Sep 2016 12:17 WIB
yamaha
Ekspor Xabre ke Vietnam dan Filipina Melonjak
Xabre diminati konsumen Vietnam dan Filipina. Yamaha

Metrotvnews.com, Jakarta: Ekspor Xabre yang sudah lebih dulu dilakukan beberapa waktu lalu, membuat Yamaha Indonesia begitu yakin bakal ada peningkatan permintaan. Tak butuh waktu lama, Vietnam dan Filipina pun mulai meminta jumlah yang lebih besar sepeda motor bergenre naked bike itu.

Dari data yang mereka himpun, pabrikan berlogo garputala ini kembali meng-ekspor model Xabre sebanyak 1.400 unit. Melonjak tajam dari angka ekspor sebelumnya yang hanya 100 unit. Vietnam dan Filipina jadi negara tujuan ekspor motor sport 150 cc tersebut.

Dijabarkan dalam data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pertumbuhan ekspor Xabre dibanding bulan lalu sebesar 1.300 persen. Pertumbuhan signifikan ini menunjukkan permintaan luar negeri terhadap produk Indonesia semakin besar.

“Sudah dua bulan kami melakukan ekspor Xabre di Vietnam dan Filipina yang namanya TFX150. Kuota ekspornya memang jauh bertambah kalau dibandingkan dengan bulan pertama. Ke depannya kami coba menjaga hubungan dengan harapan setiap bulannya ada pertumbuhan angka ekspor yang positif untuk Xabre,” ucap Assistant GM Marketing YIMM, Mohammad Masykur dalam keterangan resminya.

Yamaha Indonesia sendiri memang dipercaya menjadi basis sejumlah produk global. Selain Xabre, ada juga NMAX, YZF-R25, YZF-R15 hingga MX King yang diekspor kebanyak negara Asia hingga Eropa.

Penjualan motor skala nasional, Yamaha memang berada di posisi kedua terbanyak. Tapi kalau bicara ekspor sepeda motor ke negara-negara lain, brand ini mampu berbicara lebih. Bahkan untuk skala nasional, mereka mampu menjadi produsen dengan jumlah ekspor sepeda motor terbesar.


(UDA)