Regulasi Otomotif

Kementerian LHK Bakal Larang Motor 2-tak di Perkotaan

Ekawan Raharja    •    Selasa, 29 May 2018 11:27 WIB
lalu lintasregulasi otomotif
Kementerian LHK Bakal Larang Motor 2-tak di Perkotaan
Kementerian LHK siapkan surat larangan untuk motor 2-tak melintas di darea perkotaan. Dok. Firman Fadillah

Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK) terus berupaya menekan emisi gas buang kendaraan bermotor yang ada di jalanan. Selain mengeluarkan kebijakan meningkatkan standar emisi gas buang untuk kendaraan roda empat dan lebih, baru-baru ini bocor surat edaran yang melarang sepeda motor bermesin 2-tak untuk melintas di area perkotaan.

Dalam draft surat edaran yang beredar grup whatsapp yang tertanggal Januari 2018 itu, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar bakal membatasi penggunaan sepeda motor denga jenis mesin 2-tak dan dilarang penggunaannya ke wilayah perkotaan. Nantinya sepeda motor yang masih bermesin 2-tak bakal diarahkan ke daerah pedesaan.

Surat ini rencananya ditembuskan kepada Gubernur, Walikota, dan Bupati seluruh Indonesia. Mereka harapkan bisa segera melaksanakan isi surat tersebut di daerahnya masing-masing.

Kementerian LHK juga meminta kepada seluruh pemimpin daerah untuk mulai melaksanakan sosialisasi, pemberitahuan, teguran, hingga tindakan penilangan untuk pengguna sepeda motor 2-tak yang masih bandel.

Disebutkan juga tujuan dari beredarnya surat ini untuk mengurangi emisi gas buang sepeda motor bermesin 2-tak. Sehingga diharapkan masa mendatang bisa mencapai Indonesia yang bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan.

Nah kapan yah kira-kira surat ini akan ditandatangani?



(UDA)