Motor Baru

Superbike 4-Silinder Tak Mudah Bagi Ducati

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 12 Jul 2017 11:52 WIB
ducati
Superbike 4-Silinder Tak Mudah Bagi Ducati
Superbike bermesin V4 akan mendebut akhir tahun ini. MCN

Metrotvnews.com: Ducati akan mengganti superbike 1299 Panigale R miliknya dengan mesin baru. Superbike yang mengusung mesin dua silinder V-twin ini diberikan edisi terakhir lewat 1299 Panigale Final Edition yang meluncur akhir pekan lalu.

CEO Ducati, Claudio Domenicali pun angkat bicara mengenai rencana pabrikan Italia tersebut, dengan kehadiran mesin empat silinder, yang akan menjadi jantung pacu baru untuk superbike Ducati kelak.

Ini bukanlah pilihan mudah bagi Ducati, namun mereka tak asing dengan mesin V4 karena sudah menggunakannya di ajang balap MotoGP sejak pertama kali ikut serta. Tentu dengan mesin yang sama, akan ada teknologi baru yang dibawa untuk superbike mereka.

"Kenapa memilih mesin V4, karena kami punya pengalaman 10 tahun di MotoGP, dan kami belajar banyak di masa itu. Jadi kami pikir tak salah untuk menghadirkan mesin tersebut," katanya.

Domenicali mengatakan mesin V-twin yang digunakan bukan hal buruk, dan punya karakteristik berbeda. "Tapi di satu sisi, keseimbangan antara berat, tenaga dan torsi dari V4 kami buat lebih superior," lanjutnya.

Domenicali juga menjelaskan ada penggemar Ducati yang sudah suka mesin V-twin, untuk itulah dihadirkan versi final edition karena mereka tak lagi bisa memilikinya tahun depan. "Tapi mesin baru ini akan memenuhi lebih banyak karakter Ducati, dan ini motor yang sangat bagus," tutupnya.


(UDA)